6 Niat Zakat Fitrah dan Tata Cara Menunaikan Zakat Fitrah saat Ramadhan 2022 dalam Hukum Islam

- 6 April 2022, 12:14 WIB
Ilustrasi beras sebagai bahan pokok zakat fitrah. 6 niat zakat fitrah dan tata cara menunaikan zakat fitrah saat Ramadhan 2022 dalam hukum agama Islam.
Ilustrasi beras sebagai bahan pokok zakat fitrah. 6 niat zakat fitrah dan tata cara menunaikan zakat fitrah saat Ramadhan 2022 dalam hukum agama Islam. /PIXABAY/Ally

BERITA DIY - Berikut ada 6 niat zakat fitrah dan tata cara menunaikan zakat fitrah saat Ramadhan 2022 dalam hukum agama Islam.

Adapun niat zakat fitrah lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia. Dan wajib dibaca sebagai rukun Islam.

Kewajiban zakat fitrah ditunaikan kepala keluarga atau orang-orang yang memiliki tanggungan seperti zakat fitrah anak-anak atau bayi wajib dibayarkan orang tuanya.

Adapun, kewajiban zakat fitrah ini berdasarkan hadis sahih berikut: "Rasulullah SAW telah mewajibkan mengeluarkan zakat fitrah pada bulan Ramadan kepada setiap manusia," (H.R. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Cara Menghitung Zakat Mal untuk Profesi dan Penghasilan Dengan Mudah

Kewajiban membayar zakat fitrah yakni pada orang-orang yang masih hidup hingga akhir Ramadhan hingga 1 Syawal.

Oleh karena itu, orang yang meninggal pada Ramadhan dan bayi yang baru lahir selepas maghrib hari terakhir Ramadhan tidak wajib menunaikan zakat fitrah.

Dalam pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan bersedekah makanan pokok yang bisa dikonsumsi, seperti beras dengan berat 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa.

Kedua, pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan uang yang sesuai dengan harga 2,5 kg beras (3,5 liter beras). BAZNAS menetapkan besaran rupiah zakat fitrah sesuai nilai harga bahan pokok di masing-masing daerah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x