Puan Maharani Terinspirasi Kartini dan Cinta Suci Sarinah untuk Berkontribusi bagi Negeri

- 21 April 2022, 20:30 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Ketua DPR RI Puan Maharani. /PRMN/HO/DPR RI

BERITA DIY – Ketua DPR RI Puan Maharani menenang jasa RA Kartini, sosok perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

Puan juga terinspirasi dari Sarinah, asisten rumah tangga yang mengajarkan cinta dan kasih sayang hingga membuat anak asuhnya, Bung Karno menjadi Presiden RI yang pertama.

Dua wanita hebat inilah yang membuat Puan Maharani terus konsisten menjadi pribadi yang senantiasa memberikan kontribusinya untuk negeri tercinta.

Baca Juga: Puan Maharani Minta DPR Perkuat Kualitas Legislasi yang Dilahirkan, Bukan Kuantitasnya

Jika dulu Ibu Kartini memperjuangkan akses pendidikan yang setara bagi para perempuan, maka para kartini masa kini harus berjuang dengan lebih baik lagi.

"Dengan akses pendidikan yang saat ini sudah setara, maka kartini masa kini tak lagi hanya terbatas menjadi ibu rumah tangga, tapi juga bisa membangun karir menduduki posisi-posisi strategis," kata Puan.

Ini misalnya bisa dilihat dari jumlah perempuan yang mengisi kursi DPR RI. Representasi perempuan di Senayan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Diharapkan Ikut Berperan Atasi Persoalan Mahalnya Harga Minyak Goreng

Jumlah Anggota DPR RI perempuan di periode 2019-2024 mencapai 118 orang, atau mencapai 20,5 persen dari
total 575 anggota terpilih

Jumlah itu meningkat dibandingkan periode 2014-2019 lalu, dimana jumlah anggota DPR perempuan yang duduk di Senayan hanya 97 orang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x