Bikin Bangga! Profil Adi Utarini, Profesor Asal UGM Indonesia yang Masuk dalam 100 Orang Berpengaruh di Dunia

- 16 September 2021, 15:25 WIB
Sosok Profesor Adi Utarini yang baru saja masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia versi Time.
Sosok Profesor Adi Utarini yang baru saja masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia versi Time. /Tangkapan layar: Instagram.com/@adiutarinimusik

BERITA DIY - Simak profil Adi Utarini, Professor asal UGM Indonesia yang masuk dalam salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Time 2021 merilis 100 orang paling berpengaruh di dunia. Ada nama wanita asal Indonesia, yaitu Profesor Adi Utarini. Siapa sebenernya sosok dosen dan peneliti asal Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut?

Adi Utarini adalah seorang peneliti dalam bidang kesehatan masyarakat yang fokus pada pengendalian penyakit demam berdarah. 

Baca Juga: Profil Najwa Shihab yang Ulang Tahun Hari Ini, Seorang Lulusan Jurusan Hukum yang Memilih Dunia Jurnalistik

Guru Besar Kesehatan Masyarakat di FK-KMK UGM tersebut terpilih sebagai salah satu dari 10 pelopor versi Nature atas jasanya dalam uji coba teknik pencegahan DBD menggunakan nyamuk yang membawa bakteri Wolbachia.

Percobaan tersebut dilakukan di Kota Yogyakarta yang berpenduduk 400.000. Kala itu, Kota Gudeg termasuk dalam tingkat penularan DBD tertinggi.

Pada tahun 2018, dia menyampaikan seminar di TEDx tentang upaya mengurangi wabah demam berdarah di kota.

Baca Juga: Profil Dudung Abdurachman, Sosok Letnan Jenderal TNI yang Namanya Trending di Twitter

Profesor Adi Utarini yang akrab disapa "Prof Uut" dikenal oleh koleganya sebagai sosok yang pendiam dan persuasif. Hobinya bersepeda dan bermain piano.

Dilansir dari laman FK-KMK UGM, Prof Uut mengampu beberapa mata kuliah, di antaranya kursus kebijakan dan manajemen mutu serta metode penelitian.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x