Mengenal Apa Itu Peristiwa Holocaust di Perang Dunia Kedua, Sedang Ramai Dibicarakan di Minahasa

- 4 Februari 2022, 12:19 WIB
Ilustrasi Monumen Holocaust di Berlin, bangunan yang dirancang untuk mengenang pembantaian oleh tentara Nazi.
Ilustrasi Monumen Holocaust di Berlin, bangunan yang dirancang untuk mengenang pembantaian oleh tentara Nazi. /Pixabay.com/@jplenio

BERITA DIY – Simak sejarah peristiwa Holocaust, peristiwa pembantaian oleh tentara Nazi Jerman terhadap enam juta kaum yahudi di Eropa saat Perang Dunia Kedua yang berlangsung antara 1933-1945.

Holocaust sendiri saat ini sedang menjadi perbincangan karena di Minahasa dibangun Museum soal Holocaust

Seperti dikutip pada United States Holocaust Memorial Museum, Jerman yang saat itu dipimpin oleh Adolf Hitler dengan tentara Nazi dan juga sekutunya, melakukan pembantaian secara sistematis pada enam juta warga pengikut Yahudi di Eropa, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Peristiwa Holocaust ini dimulai pada Januari 1933, ketika Adolf Hitler dan Partai Nazi-nya memenangi pemilu dan menjadi pemimpin di Jerman. Hitler dengan paham Antisemitisme melakukan berbagai cara untuk mendiskriminasi kaum Yahudi.

 Baca Juga: Jadwal BWF World Tour Usai India Open: Ada All England dan German Badminton - Jerman Open 2022 Mulai Maret

Antisemitisme sendiri adalah suatu sikap permusuhan, atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk tindakan penganiayaan atau penyiksaan terhadap agama, etnik maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Nazi dengan Antisemitisme-nya, menyalahkan kaum Yahudi Jerman atas kekalahan negaranya pada Perang Dunia Pertama, yang berimbas pada runtuhnya tatanan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di Jerman.

Pendukung Nazi yang masih terluka akibat kekalahan tersebut menerima paham tersebut, mempercayainya, dan kemudian menjadi bagian dari Nazi itu sendiri.

 Baca Juga: Tanggal 17 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Pelajar Internasional, Berawal dari Nazi?

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x