Mengenal Apa Itu NATO dan Penyebab Konfilk Rusia dan Ukraina yang Memicu Perang di Eropa Timur

- 28 Januari 2022, 11:45 WIB
Vladimir Putin memobilisasi ribuan tentara militer, penjelasan apa itu NATO dan mengurai penyebab konflik Rusia dan Ukraina yang bisa picu perang Eropa Timur.
Vladimir Putin memobilisasi ribuan tentara militer, penjelasan apa itu NATO dan mengurai penyebab konflik Rusia dan Ukraina yang bisa picu perang Eropa Timur. /Reuters/Sputnik/Alexei Nikolsky

BERITA DIY - Berikut penjelasan apa itu NATO dan mengurai penyebab konflik Rusia dan Ukraina yang bisa picu perang Eropa Timur.

Belakangan, Rusia dan Ukraina bersitegang. Dikutip dari Aljazeera, Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengumpulkan 100.000 tentara di perbatasan Ukraina.

Rusia disinyalir akan menginvasi Ukraina pada Januari 2022. Namun, juru bicara Rusia membantah hal tersebut.

Baca Juga: Tanggal 24 Januari 2022 Hari Apa? Ada Sejarah Hari Tertawa Perut Sedunia Berikut Manfaat Kesehatan

Mobilisasi militer yang dilakukan Rusia semata-mata dilakukan sebagai bentuk aksi defensif atas aktivitas NATO di Eropa Timur.

Konflik Rusia dan Ukraina meletus pada 1990-an, usai Uni Soviet bubar. Dan Ukraina mendaulat sebagai negara yang merdeka.

Namun, Rusia tetap beranggapan Ukraina adalah bagian dari negaranya hingga mencangkup Belarusia. Pihak Ukaraina menolak klaim Rusia hingga alami dua kali revolusi yakni tahun 2005 dan 2014.

Baca Juga: Tanggal 23 Januari 2022 Hari Apa? Ada Peringatan Gempa Bumi 800 Ribu Orang Tewas dan Peristiwa Lainnya

Pada dua kali revolusi tersebut, Ukraina tetap menolak supremasi Rusia dan bergabung dengan Uni Eropa dan NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x