Tanggal 6 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Ada Sejarah Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia

- 5 Januari 2022, 20:07 WIB
Simak sejarah Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia yang jatuh pada tanggal 6 Januari 2022.
Simak sejarah Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia yang jatuh pada tanggal 6 Januari 2022. /PEXELS/samerdaboul

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia atau dalam Bahasa Inggris disebut 'World Day for War Orphans' yang jatuh pada hari Kamis, tanggal 6 Januari 2022.

Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia diperingati atas dasar keprihatinan jutaan anak-anak kehilangan orang tuanya karena perang di seluruh dunia.

UNICEF menilai anak-anak yang kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya karena perang akan mengalami kehidupan yang lebih sulit. Inilah dirasa pentingnya peringatan Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia.

Baca Juga: Sejarah dan 10 Link Twibbon HUT PPP, Tanggal 5 Januari 2022 Memperingati Hari Partai Persatuan Pembangunan

Kriteria anak yatim menurut umur adalah yang berusia di bawah 18 tahun. Dalam perang yang terjadi selama berabad-abad, UNICEF memperkirakan ada hampir 140 juta anak yatim dan piatu pada tahun 2015 yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Jumlah tersebut merupakan angka global. Sementara penyebaran jumlah anak yatim korban perang ada di Asia (61 juta orang), Afrika (52 juta orang), Amerika Latin  dan Karibia (10 juta orang), dan Eropa Timur serta Asia Tengah (7,3 juta orang).

Dikutip dari National Day, anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat perang akan menghadapi kondisi di mana mereka akan diasuh atau bahkan mengalami kekurangan gizi hingga penyakit. Selain itu, dampak lainnya dapat menyebabkan tekanan emosional dan mental.

Baca Juga: Tanggal 4 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari Braille Sedunia dan 5 Fakta Menarik

Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia diinisasi oleh SOS Enfants en Detresse, sebuah organisasi kemanusiaan asal Prancis yang fokus pada perlindungan anak-anak khususnya korban perang dan konflik.

Sebenarnya perlindungan terhadap anak yatim telah ada sejak tahun 400 SM. Ketika itu, Bangsa Romawi membentuk panti asuhan pertama untuk merawat anak para janda dan memfasilitasi pelatihan militer sampai usia 18 tahun.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: National Day Calendar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x