15 Desember Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Infanteri dan Hubungannya dengan Pertempuran Ambarawa

- 14 Desember 2021, 18:00 WIB
ILUSTRASI - Hari Infanteri memperingati Pertempuran Ambarawa pada 15 Desember.
ILUSTRASI - Hari Infanteri memperingati Pertempuran Ambarawa pada 15 Desember. /PIXABAYOpenClipart-Vectors

BERITA DIY - Berikut merupakan sejarah Hari Infanteri yang diperingati pada 15 Desember esok hari lengkap dengan hubungan yang terjadi dengan Pertempuran Ambarawa.

Salah satu peringatan hari penting akan diperingati oleh bangsa Indonesia. Sebab diketahui bahwa esok hari pada tanggal 15 Desember tersebut adalah memperingati Hari Infanteri yang telah lama diperingati.

Hari Infanteri sendiri juga memiliki nama lain yang juga dikenal oleh bangsa Indonesia yaitu dengan memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Baca Juga: Kumpulan 20 Ucapan Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2021: Cocok Dibagikan di FB, IG, atau WA

Adanya Hari Infanteri yang diperingati pada setiap tanggal 15 Desember sendiri juga memiliki sejarah panjang tentang upaya TNI mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan penjajah yang kembali akan menduduki.

Sebab diketahui adanya Hari Infanteri yang diperingati pada tanggal 15 Desember tersebut memiliki hubungan sejarah yang kuat dengan salah satu peristiwa yang diketahui cukup penting yaitu Pertempuran Ambarawa.

Sehingga diketahui bahwa peringatan Hari Infanteri sendiri kemudian diperingati untuk terus mengenang asemangat juang para pahlawan yang diketahui gugur dalam perjuangan bangsa dalam Pertempuran Ambarawa.

Baca Juga: Sejarah Ditetapkan Hari Sejarah Nasional yang Diperingati di 14 Desember 2021, Siapa Penggagasnya?

Lebih lanjut, mengenai sejarah adanya Pertempuran Ambarawa sendiri memang menjadi salah satu perjuangan penting yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kedaulatan bangsa dari ancaman penjajah.

Mengingat pada saat itu, diketahui beberapa pertempuran memang meletus di beberapa daerah di Indonesia antara Tentara Keamanan Rakyat atau TKR dengan NICA yang berusaha untuk merebut kedaulatan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x