Tanggal 27 Desember 2021 Memperingati Hari Apa? Ada Peringatan Revolusi Nasional Indonesia

- 26 Desember 2021, 21:09 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Revolusi Nasional Indonesia tanggal 27 Desember 2021.
Ilustrasi sejarah Hari Revolusi Nasional Indonesia tanggal 27 Desember 2021. /kopikeeran/Pixabay

BERITA DIY- Simak penjelasan tanggal 27 Desember 2021 memperingati Hari Revolusi Nasional Indonesia. Meskipun bukan hari libur nasional, peristiwa ini termasuk dalam sejarah Tanah Air.

Setiap hari memiliki peristiwa tertentu dari berbagai belahan dunia, tak terkecuali tanggal 27 Desember 2021 di Indonesia. Pada hari tersebut bertepatan dengan peringatan Revolusi Nasional Indonesia atau pihak Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.

Hari Resvolusi Nasional Indonesia yang jatuh pada hari Senin, tanggal 27 Desember 2021, merupakan alhir dari konflik bersenjata dan pertentangan hubungan kedua negara yang melibatkan Republik Indonesia dan Kerajaan Belanda.

Baca Juga: Tanggal 23 Desember 2021 Memperingati Hari Apa? Deretan Peristiwa, Kelahiran hingga Kematian Tokoh

Ketika itu, Indonesia baru saja mengumandangkan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno sekaligus menjadi momentum Tanah Air merdeka dari penjajahan Jepang, Belanda, maupun negara manapun.

Meksipun begitu, Kerajaan Belanda yang dibantu oleh pihak Sekutu, enggan mengakui kemerdekaan Indonesia sampai pada tanggal 27 Desember 1949. Alih-alih Belanda masih ingin menguasai Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun pasca kemerdekaan.

Berdasarkan situs Universitas Muhammadiyah Surabaya, selama periode empat tahun sejak awal kemerdekaan 1945 hingga tahun 1949, beragam peristiwa berdarah terjadi. Selain konflik di dalam wilayah Indonesia, perseturuan juga sampai ke intervensi internasional.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Memperingati Hari Ibu 22 Desember Karya Sastrawan Indonesia

Perjanjian Linggarjati (15 November 1946)

Indonesia diwakili oleh Soekarno sebagai pemimpin yang memungkinkan tercapainya persetujuan, sedangkan Sjahrir bertindak sebagai perancang dan penanggung jawab. Perjanjian Linggarjati menghasilkan tiga poin persetujuan:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x