Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Ini Kaitanya dengan Kongres Perempuan dan Presiden Pertama Indonesia Ir.Soekarno

- 21 Desember 2021, 12:42 WIB
Ilustrasi - Sejarah Hari Ibu di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ini kaitannya dengan Kongres Perempuan dan Ir.Soekarno.
Ilustrasi - Sejarah Hari Ibu di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ini kaitannya dengan Kongres Perempuan dan Ir.Soekarno. /UNPLASH/Vivek Kumar

BERITA DIY - Berikut penjelasan sejarah Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember di Indonesia serta kaitannya dengan Kongres Perempuan dan Ir.Soekarno.

Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Artinya tahun ini, perayaan akan jatuh pada Rabu besok.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan kebanyakan negara di belahan dunia, pasalnya kebanyakan memperingati Hari Ibu di bulan Mei.

Baca Juga: Link Download Logo Hari Ibu PNG 22 Desember 2021, Ini Kumpulan Tema Peringatan Hari Ibu yang Diperingati Besok

Sejarah Hari Ibu 22 Desember

Hari Ibu di tanah air tak bisa dilepaskan dari semangat para perempuan di Indonesia yang membentuk adanya Organisasi Perempuaan demi menegakkan kesetaraan gender.

Organisasi perempuan di Indonesia tak bisa lepas dari perjuangan R.A Kartini yang pada masanya sangat getol terhadap kesetaraan gender dan memperjuangkan hak wanita.

Adapun organisasi perempuan pertama di Indonesia adalah 'Putri Mardika' yang lahir tahun 1912. Organisasi ini digagas oleh R.A Sutinah, Rr. Rukmini, Sabaruddin dan tokoh nasional lainnya.

Baca Juga: Apakah Hari Ibu 2021 Libur? Download Video Ucapan Selamat Hari Ibu Ini Beserta Info Filosofi dan Tema Perayaan

Kemudian pada tanggal 27 Juni 1913 lahir organisasi perempuan bernama Kartini Fonds di Den Haag, Belanda. Organisasi ini menjadi cikal bakal lahirnya sekolah Kartini di Semarang dan Jakarta.

Suksesnya Sekolah Kartini akhirnya mampu melahirkan kader-kader perempuan di berbagai daerah yang kemudian menjadi tonggak lahirnya organisasi bagi perempuan seperti Wanita Taman Siswa, Aisyiyah dan yang lainnya.

Setelah itu lahirlah Kongres Perempuan yang digagas tokoh perempuan nasional sebagai bentuk apresiasi dan melanjutkan perjuangan para perempuan di Indonesia.

Baca Juga: Hari Ibu Tanggal 22 Desember 2021, Ini 15 Quote Mengharukan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Kongres Perempuan pertama diadakan tanggal 22 Desember tahun 1928 di Ndalem Joyodipuran, Yogyakarta dan diikuti oleh ratusan perempuan dari berbagai latar belakang.

Setelah Kongres Perempuan pertama, berlanjutkan Kongres Perempuan kedua, ketiga dan seterusnya yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Melihat Kongres Perempuan yang digelar setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya, Presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno pun menetapkan peringatan Hari Ibu di tanggal tersebut.

Baca Juga: Apakah Hari Ibu 2021 Libur? Download Video Ucapan Selamat Hari Ibu Ini Beserta Info Filosofi dan Tema Perayaan

Keputusan Ir.Soekarno ini tertuang dalam dokumen resmi Kepres Nomor 316 tahun 1956. Lahirnya keputusan ini juga bertepatan dengan peringatan ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Sejak saat itu, Hari Ibu di tanah air pun ditetapkan untuk diperingatai dan dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Demikian penjelasan sejarah Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember di Indonesia dan kaitanya dengan Kongres Perempuan serta Ir.Soekarno.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x