Kenapa Hari Natal Jatuh 25 Desember? Berikut Sejarah Singkat dan Tradisi Perayaan Hari Natal

- 20 Desember 2021, 11:55 WIB
Kenapa hari raya natal jatuh 25 Desember? Berikut sejarah dan tradisi perayaan.
Kenapa hari raya natal jatuh 25 Desember? Berikut sejarah dan tradisi perayaan. /PIXABAY/neelam

BERITA DIY – Kenapa Hari Natal jatuh dan diperingati setiap tanggal 25 Desember? Simak penjelasan sejarah singkat penetapan tanggal 25 Desember sebagai Hari Natal dan tradisi perayaan Hari Natal yang sering dilakukan.

Gereja Katolik dan seluruh umat kristianii merayakan Hari Raya Kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau sering dikenal dengan Hari Natal setiap tanggal 25 Desember.

Kata Natal sendiri berasal dari bahasa Latin Dies Natalis yang berarti Hari Lahir. Sementara dalam bahasa Inggris disebut Christmas yang berasal dari bahasa Inggris Kuno Cristes Maesse atau Cristes Messe yang berarti Misa Kristus.

Baca Juga: Jenis-jenis Perayaan yang Biasanya Dilakukan Umat Kristiani Saat Natal: Misa Vigili Natal dan Misa Natal

Sejarah penetapan hari Natal pada tanggal 25 Desember sebenarnya terus menjadi polemik. Meskipun demikian beberapa sumber dan bukti menyataka bahwa tanggal 25 Desember memang merupakan Hari Kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau hari Natal.

Pesta Natal pertama kali disebut dengan Depositio Martyrum yang baru ditulis sekitar tahun 336, sehingga Natal baru dimulai sekita pertengah abad ke-4. Beberapa ahli pun memperkirakan kelahiran Yesus Kristis sendiri sekitar 8-6 sebelum masehi.

Baca Juga: Doa Keluarga di Depan Palungan Yesus, Doa Katolik yang Biasanya Dipanjatkan Saat Natal

St. Yohanes Krisostomus meyakini Natal jatuh tanggal 25 Desember berdasarkan dari Kelahiran Yohanes Pembaptis. Selain itu jika dilihat dari tanggal winter solstice atau tanggal 25 Deember dalam kalender Julian dan  menghubungkannya dengan perayaan dewa matahari.

Dalam Kitab Suci sendiri tidak menyebutkan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Pada injil Perjanjian Baru hanya menjelaskan peristiwa kelahiran Yesus di Betlehem dan kedatangan tiga orang Majus.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x