Kongres Putuskan Joe Biden Jadi Presiden AS, Demo Pendukung Trump Ricuh: 4 Orang Tewas

- 7 Januari 2021, 17:40 WIB
Joe BIden resmi ditetapkan sebagai Presiden AS dari hasil Kongres yang digelar dalam suasana demo ricuh dan menewaskan empat orang.
Joe BIden resmi ditetapkan sebagai Presiden AS dari hasil Kongres yang digelar dalam suasana demo ricuh dan menewaskan empat orang. /Tangkap layar Instagram.com/@joebiden

BERITA DIY - Konegres AS resmi mentapkan Joe BIden dan Kamala Harris sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serkat setelah dua keretan Trump ditolak.

Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat menolak dua keberatan yang diajukan Trump dan mengesahkan suara akhir dari Electoral College dengan Biden menerima 306 suara dan Trump 232 suara.

Pada sidang penetapan hasil pemilu AS, Rabu, 6 Januari 2021 atau Kamis 7 Januari 2021 waktu Indonesia bagian barat, terjadi demonstrasi besar-besaran yang berujung ricuh oleh pendukung Trump di depan capitol.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini: MENEGANGKAN! Andin Berani Lawan Al, Angga Bocorkan Rahasia Roy?

Baca Juga: Segera Dimulai! Berikut Tahapan, Jadwal Vaksinasi, dan Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Dilansir dari Reuters, polisi mengatakan empat orang tewas selama kekacauan itu - satu karena luka tembak dan tiga dari keadaan darurat medis - dan 52 orang ditangkap.

Beberapa demonstrans mengepung kamar Dewan Perwakilan Rakyat sementara anggota parlemen berada di dalam, menggedor-gedor pintunya dan memaksa penangguhan debat sertifikasi.

Petugas keamanan menumpuk furnitur ke pintu kamar dan mengeluarkan pistol mereka sebelum membantu anggota parlemen dan orang lain melarikan diri.

Baca Juga: Penyebab Insentif Kartu Prakerja Belum Cair, Lakukan ini di www.prakerja.go.id agar Rp2,55 juta Cair

Serangan di Capitol adalah puncak dari retorika yang memecah belah dan meningkat selama berbulan-bulan sekitar pemilihan 3 November, dengan presiden Republik berulang kali membuat klaim palsu bahwa pemungutan suara itu dicurangi dan mendesak para pendukungnya untuk membantunya membalikkan kekalahannya.

Meskipun Trump sangat kecewa dengan keputusan ini, namun pihaknya menjanjikan akan melakukan transisi pemerintahan secara 'teratur'.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x