Profil Jack Ma: dari Guru Bahasa Inggris, Milyarder, hingga Hilang Usai Kritik China

- 7 Januari 2021, 16:02 WIB
Jack Ma, pemimpin Alibaba Group menghilang usai kritik pemerintah China.
Jack Ma, pemimpin Alibaba Group menghilang usai kritik pemerintah China. /instagram.com/alibaba.group

BERITA DIY – Nama orang terkaya di China, Jack Ma, akhir-akhir ini banyak diperbincangkan leh publik. Hal ini lantaran dirinya dikabarkan menghilang selama dua bulan setelah mengkritik pemerintah China.

Jak Ma sendiri dikenal sebagai pendiri dari Alibaba Group, perusahaan yang juga membuatnya dinobatkan sebagai orang terkaya di China. Berikut profil dan perjalanan karier Jack Ma yang berhasil dirangkum Berita DIY.

Jack Ma bernama asli Ma Yun, ia mendapat nama Jack dari para turis yang telah ia pandu selama berwisata di China. Selain itu ia memiliki julukan Crazy Jack karena ide bisnis yang gila dan fantastis.

Baca Juga: NIK KTP Tak Terdaftar Usai Cek eform.bri.co.id/bpum? Ini Syarat Agar BLT Rp2,4 Juta Cair ke Rekening

Jack Ma lahir di Hangzhou, Zheijang, China pada 10 September 1964. Ia merupakan putra dari pasangan Ma Laifa dan Cui Wencai. Jack Ma Memiliki seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan.

Ia menikah dengan Cathy Zang atau Ma Zang Yun dan dikaruniai dua orang anak yaitu Ma Yuankun dan Ma Yuanbao. Pria berusia 57 tahun ini sangat suka bernyanyi di panggung dan seni bela diri, Tai-chi.

Perjalanan pendidikan yang ditempuh oleh Jack Ma rupanya tidak semudah yang dibayangkan. Sedari SD ia telah ditolak oleh sekolah karena nilai matematikanya yang jelek. Setelah SMA ia gagal ujian masuk perguruan tinggi hingga dua kali, ia akhirnya lulus setelah ujian ketiga.

Baca Juga: Hore! Token Listrik Gratis Januari 2021 Bisa Diklaim Hari Ini, Simak Cara Dapatnya Berikut Ini

Ia pernah mendaftar ke Harvard dan ditolak hingga sepuluh kali. Namun pada akhirnya ia berhasil menamatkan pendidikan di Hangzhou Teacher Institute dan lulu pada tahun 1988. Ia bahkan juga sempat melanjutkan pendidikan di Cheung Kong Graduate School of Bussines, Beijing pada tahun 2006.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x