Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka dengan Kuota 500 Ribu Orang, Siapkan Syarat dan Daftar di Link Resmi Ini

- 17 Februari 2022, 15:50 WIB
Gelombang 23 Kartu Prakerja  telah dibuka,  kuota 500 ribu orang, siapkan syarat ini dan daftar di link resmi.
Gelombang 23 Kartu Prakerja telah dibuka, kuota 500 ribu orang, siapkan syarat ini dan daftar di link resmi. /tangkap layar Youtube.com/PerekonomianRI
BERITA DIY - Simak syarat untuk daftar Kartu Prakerja gelombang 23 yang resmi dibuka hari ini 17 Februari 2022. Siapkan syarat berikut dan daftarkan diri Anda di link resmi www.prakerja.go.id.
 
Hari ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian resmi nyatakan gelombang 23 Kartu Prakerja dibuka mulai hari ini. Informasi tersebut disampaikan dalam konferensi pers kartu prakerja tahun 2022.
 
"Kuota di tahun 2022 ini, di gelombang 23 ini minggu pertama adalah 500.000," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi tersebut, dikutip Berita DIY dari akun YouTube Perekonomian RI yang diunggah pada 17 Februari 2022.
 
 
Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kemiskinan. Selain itu Kartu Prakerja juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja masyarakat Indonesia. 
 
Pada tahun sebelumnya, Kartu Prakerja sudah meluluskan 11,4 juta alumni dari 22 gelombang. Para alumni merasa terbantu dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh program Kartu Prakerja. 
 
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya bantuan yang diberikan pada penerima program kartu prakerja yaitu sebesar Rp3,55 juta dengan rincian, uang tunai sebesar Rp2,55 juta dan uang pelatihan sebesar Rp1 juta. 
 
 
Bagi Anda yang dinyatakan lolos dalam seleksi gelombang 23 harus segera melaksanakan pelatihan melalui mitra Kartu Prakerja. Anda dapat mengikuti pelatihan sesuai dengan kebutuhan Anda. 
 
Pelatihan dapat Anda ikuti di Skill Academy, KEMNAKER, Aarcademy, HarukaEdu, Solusi Academy, dan mitra-mitra lainnya. 
 
Anda harus segera mengikuti pelatihan sebelum 30 hari sejak ditetepkan sebagai penerima program Kartu Prakerja. Jika melebihi batas tersebut, maka Anda akan dicabut dari status penerima program Kartu Prakerja dan tidak bisa mendaftarkan diri pada seleksi berikutnya.
 
 
Berikut adalah syarat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, dikutip Berita DIY dari laman resmi Kartu Prakerja pada 17 Februari 2022.
 
1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 18 tahun. 
 
2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal. 
 
3. Sedang mencari kerja, atau pekerja yang di PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi,  maupun pelaku usaha mikro. 
 
4. Belum pernah menerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19. 
 
5. Tidak termasuk dalam anggota Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, bukan anggota ASN, TNI, Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, atau Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
 
6. Dalam satu KK maksimal dua NIK penerima program Kartu Prakerja. 
 
Bagi Anda yang memenuhi 6 syarat di atas dapat langsung mendaftarkan diri melalui link resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x