Daftar Bansos yang Siap Cair Tahun 2022, BLT Subsidi Gaji, BPUM, Kartu Prakerja, hingga PKH Masih Ada?

- 1 Januari 2022, 07:32 WIB
Ilustrasi - Secara resmi, sejauh ini baru Bansos PKH, Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, dan Kartu Sembako saja yang siap cair tahun 2022.
Ilustrasi - Secara resmi, sejauh ini baru Bansos PKH, Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, dan Kartu Sembako saja yang siap cair tahun 2022. /Pixabay/EyestetixStudio

BERITA DIY - Daftar Bansos atau bantuan sosial yang siap cair tahun 2022 ternyata berbeda dengan tahun 2021. Namun, program BLT dan Bansos masih akan berlaku sebagaimana tahun lalu.

Secara resmi, sejauh ini baru Bansos PKH, Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, dan Kartu Sembako saja yang terkonfirmasi akan melanjutkan program pencairan.

Sementara, bantuan jenis lainnya, seperti BLT Subsidi Gaji atau BSU hingga BPUM atau BLT UMKM telah dipastikan berhenti pada 31 Desember 2021 kemarin.

Baca Juga: Download APK Cek Bansos PKH Online, Rp10 Juta Masuk ke Rekening, Pakai KTP, KK, Foto Rumah

Dikutip dari ANTARA, Sabtu, 1 Januari 2022, Menteri Keuangan RI (Menkeu), Sri Mulyani, memastikan pemerintah masih tetap akan menyalurkan program perlinsos atau bansos pada tahun 2022 ini.

"Sama seperti 2021 kita berharap pengelola anggaran di K/L dan pemerintah daerah harus tetap memiliki fleksibilitas. Artinya kita tetap berjaga-jaga COVID-19 tidak akan meningkat lagi sehingga kegiatan masyarakat, sosial, ekonomi dan keuangan bisa berjalan,” katanya.

Program bansos yang akan cair tahun baru ini menurut Menkeu ialah Kartu Prakerja, Kartu Sembako, Bansos PKH, BLT Dana Desa, hingga beberapa program jaminan kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: Dapatkan BSU Tahap 5 dan 6 Akhir Desember dengan WA BPJS Ketenagakerjaan Ini, 7,7 Juta Pekerja Batal Dapat BLT

Untuk menopang jalannya program bansos di atas, Kemenkeu tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp154,8 triliun yang termasuk dalam bagian program PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional pasca Covid-19.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x