Bansos PKH November 2021 tahap 4 Belum Cair? Begini Cara Lapor Online dan Cek Kepesertaan Lewat Aplikasi

- 17 November 2021, 17:17 WIB
Begini cara ajukan aduan di layanan pengaduan Bansos PKH secara online dan cara cek kepesertaan PM PKH di aplikasi Cek Bansos. PKH cair tahap 4 November 2021.
Begini cara ajukan aduan di layanan pengaduan Bansos PKH secara online dan cara cek kepesertaan PM PKH di aplikasi Cek Bansos. PKH cair tahap 4 November 2021. /Dok/kemensos.go.id

BERITA DIY - Penyaluran bantuan sosial program keluarga harapan (Bansos PKH) sedang berlangsung untuk tahap 4. Jika merasa belum terima bantuan PKH November tahap 4 bisa ajukan aduan via online juga cek kepesertaan PKH lewat aplikasi.

Masyarakat bisa ajukan adukan kalau bantuan PKH November 2021 tahap 4 ini juga cair ke rekening penerima. Sekalian cek kepesertaan Bansos PKH lewat aplikasi Cek Bansos.

Tahun 2021 ini terdapat 10 juta keluarga penerima manfaat PKH yang bakal menerima bantuan dari Kemensos sebagai bagian dari program perlindungan sosial (perlinsos).

Baca Juga: Hore! 10 Juta Orang Dapat Bantuan hingga Rp 3 Juta, Begini Cara Daftar dan Cek Bansos PKH Tahap 4 Pakai KTP

Pagu anggaran sebesar Rp28,31 triliun per 5 November 2021 telah berhasil terserap sebanyak Rp20,79 triliun atau 73,4 persen dari pagu anggaran.

Adapun jadwal penyaluran Bansos PKH 2021 dilaksanakan dalam empat tahap. Melansir dari laman pkh.kemensos.go.id pelaksanaan penyaluran dimulai tahap 1 bulan Januari, tahap 2 bulan April, tahap 3 bulan Juli, dan tahap 4 bulan Oktober sampai Desember 2021.

Bansos PKH ini ditujukan kepada mereka warga masyarakat miskin yang namanyanya telah terdaftar di sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Baca Juga: Bayi Umur 0-6 Tahun Dapat Bantuan Rp3 Juta dari Pemerintah Lewat Bansos PKH, Begini Caranya

Seperti diketahui, penyaluran uang Bansos PKH akan dikirim langsung ke rekening penerima yang telah didaftarkan sebelumnya. Rekening bank yang dimaksud merupakan rekening Bank Himbara yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Kemudian, penerima manfaat PKH bisa mencairkan Bansos PKH dengan cara datang ke ATM bank Himbara dengan menggunakan Kartu KKS (merah putih) sebagai pengganti kartu ATM atau bisa juga melalui agen bank terdekat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x