BSU Subsidi Gaji untuk Penerima Kartu Prakerja? Ini 3 Golongan Wajib Pastikan BPJS Ketenagakerjaan Aktif

- 7 September 2021, 11:16 WIB
ILUSTRASI - Pekerja atau karyawan terkena PHK dan mendapatkan dana BSU Rp1 juta dari Kemnaker. Pastikan terdata di BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2021 dan bukan sebagai penerima bansos lain, seperti Kartu Prakerja, PKH dan BPUM.
ILUSTRASI - Pekerja atau karyawan terkena PHK dan mendapatkan dana BSU Rp1 juta dari Kemnaker. Pastikan terdata di BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2021 dan bukan sebagai penerima bansos lain, seperti Kartu Prakerja, PKH dan BPUM. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - BSU subsidi gaji apakah bisa untuk peserta Kartu Prakerja? Jawabannya adalah tidak bisa. Ada tiga golongan yang wajib pastikan data diri tercantum sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai syarat, Kemeneterian Ketenagakerjaan melalui Peraturan Menaker Nomor 16 Tahun 2021 penerima BSU atau BLT subsidi gaji adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya sampai 30 Juni 2021.

Syarat lain dari BSU 2021, antara lain: Punya gaji tak sampai Rp 3,5 juta atau mengikuti Upah Minimum Regional (UMR) dibulatkan seratusan ribu ke atas, jika melebihi Rp 3,5 juta.

Baca Juga: Bocoran Pasti Pemerintah soal Kapan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 20 Buka, Ini Cara Penentuan Peserta Lolos

Penerima BSU 2021 juga wajib punya NIK KTP, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ASN, Tentara dan Polisi. Juga tak terkait dengan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah lainnya.

Bansos yang dimaksud seperti, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan Kartu Prakerja.

Lantas, apakah penerima BSU subsidi gaji dengan nilai bantuan sebesar Rp 1 juta boleh mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 20?

Baca Juga: Cara Ketahui Masa Aktif BPJS Ketenagakerjaan Setelah Resign, Agar BLT Subsidi Gaji 2021 Termin 4 Tidak Hangus

Baca Juga: BSU Subsidi Gaji Tahap 1 - 3 Cair ke 3,25 Juta Pekerja, Ini Jadwal BLT Ketenagakerjaan Tahap 4 - 5 Ditransfer

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x