Pemilik Rekening Bank Swasta Ini Bisa Dapat BLT Subsidi Gaji, Cek di Sini untuk Dapat BSU Rp 1 Juta

- 6 September 2021, 17:10 WIB
Pemilik rekening bank swasta tetap bisa dapat BLT Subsidi Gaji.
Pemilik rekening bank swasta tetap bisa dapat BLT Subsidi Gaji. /Tangkap layar bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

BERITA DIY - Cek di sini untuk dapat BSU Rp 1 juta dari BPJS Ketenagakerjaan. Pemilik rekening bank swasta berikut ini bisa tetap dapat BLT Subsidi Gaji.

Sesuai arahan Kemnaker, BLT Subsidi Gaji atau Upah Rp 1 juta BPJS Ketenagakerjaan ditransfer langsung ke rekening penerima dengan pemilik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Namun, bagi masyarakat yang memenuhi kriteria namun tak memiliki rekening di antara bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI masih bisa untuk mendapatkan bantuan ini.

Baca Juga: Cara Ketahui Masa Aktif BPJS Ketenagakerjaan Setelah Resign, Agar BLT Subsidi Gaji 2021 Termin 4 Tidak Hangus

Kemnaker sendiri saat ini tengah dalam proses pencairan bantuan BLT Subsidi Gaji tahap 3, 4, dan 5, setelah sebelumnya berhasil menyalurkan BSU Rp 1 juta itu kepada 2,1 juta karyawan pada tahap 1 dan 2.

Sebagaimana disampaikan Kemnaker dalam laman resminya, berikut kriteria penerima BLT Subsidi Gaji:

  1. Pekerja dengan status WNI dibuktikan dengan NIK.
  2. Terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan hingga akhir Juni 2021.
  3. Pekerja yang sektornya terdampak Covid-19, yakni sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan.
  4. Memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta satu bulan.
  5. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 (Lampiran I Permenaker Nomor 16 Tahun 2021).
  6. Pengecualian bagi wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 dengan UMK atau UMP wilayah di atas Rp3,5 juta, maka batas ambang gaji ditentukan oleh UMK atau UMP wilayah (Lampiran II Permenaker Nomor 16 Tahun 2021).

Lebih lanjut, mekanisme penyaluran BSU langsung dieksekusi melalui rekening penerima. Sehingga para karyawan bisa cek rekening apakah saldo bertambah Rp 1 juta atau tidak.

Baca Juga: Bocoran BLT Subsidi Gaji Tahap 3, 4, dan 5 Kapan Cair, Ini 5 Provinsi Tertinggi Penerima BSU Rp1 Juta

Lantas bagaimana dengan masyarakat yang tidak memiliki rekening Himbara? Kendati demikian, pemilik rekening bank swasta seperti BCA, BPD, Bukopin, CIMB Niaga, dan yang lainya tetap bisa mencairkan bantuan mereka jika ditetapkan sebagai penerima BSU.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x