Cara Daftar BLT UMKM Online untuk Usaha Rumahan Cairkan Banpres BPUM Rp1,2 Juta, Bukan di Eform BRI

- 30 Juli 2021, 11:10 WIB
ILUSTRASI - Jenis UMKM yang menerima bantuan BLT Banpres BPUM Rp1,2 juta adalah usaha mikro di bidang apapun, seperti usaha kecil ataupun usaha rumahan.
ILUSTRASI - Jenis UMKM yang menerima bantuan BLT Banpres BPUM Rp1,2 juta adalah usaha mikro di bidang apapun, seperti usaha kecil ataupun usaha rumahan. /UNSPLASH/Devi Puspita Amartha Yahya

BERITA DIY - Pemerintah telah mencairkan BLT UMKM Tahap 2 untuk 1,5 juta penerima hingga akhir Juli 2021. Pendaftaran program Banpres BPUM 2021 akan berakhir pada 31 Agustus 2021. Berikut cara daftar online dan offline.

Penerima manfaat Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021 adalah 12,8 juta penerima. Masih ada 3 juta UMKM lagi yang akan menerima BLT, termasuk lewat Eform BRI Tahap 3.

Pemerintah membuka 3 termin yang rinciannya adalah sebagai berikut: 1,5 juta UMKM cair pada Juli, 500 ribu usaha mikro/rumahan pada Agustus, dan 1 juta pengusaha kecil akan cairkan BLT BPUM pada September 2021.

Baca Juga: Cek Daftar Penerima Banpres BPUM Eform BRI BNI Tahap 2 2021, Cara Reservasi Online Tak Antre Cairkan BLT UMKM

Adapun jenis UMKM yang menerima bantuan BLT Banpres BPUM Rp1,2 juta ini adalah usaha mikro di bidang apapun, seperti usaha kecil home industry ataupun usaha rumahan.

Tak sampai di situ, UMKM yang berfokus pada penjualan makanan, minuman dan sejenisnya juga bisa mendaftarkan, asal usaha yang dimiliki ada surat bukti kepemilikan usaha.

Legalitas usaha UMKM bisa dibuktikan dengan adanya NIB (Nomor Induk Berusaha) yang bisa daftar online pada sistem OSS untuk ajukan Permohonan Perizinan Berusaha Perseorangan (skala mikro dan kecil) untuk cairkan Banpres BPUM 2021.

Baca Juga: Tak Perlu Antre! Daftar Reservasi Online Cairkan BLT UMKM Rp1,2 Juta untuk Penerima Banpres BPUM di Eform BRI

Cara daftar UMKM usaha rumahan online

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x