Tradisi Rebo Wekasan Berasal dari Daerah Mana? Apa Tujuan Rabu Wekasan? Ini Larangan di Malam Rebo Wekasan

- 12 September 2023, 16:10 WIB
Ilustrasi - Tradisi Rebo Wekasan berasal dari daerah mana, apa tujuan Rabu Wekasan, dan larangan di malam Rebo Wekasan.
Ilustrasi - Tradisi Rebo Wekasan berasal dari daerah mana, apa tujuan Rabu Wekasan, dan larangan di malam Rebo Wekasan. /Pexels/Faruk-Tokluoglu

BERITA DIY - Berikut informasi tradisi Rebo Wekasan berasal dari daerah mana, apa tujuan Rabu Wekasan, dan larangan di malam Rebo Wekasan.

Rebo Wekasan, Rebo Pungkasan, atau Rabu Pungkasan adalah sebuah tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Indonesia terutama suku Jawa, Sunda, dan Madura.

Rebo Wekasan dilaksanakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar. Pada tahun 2023, Rebo Wekasan jatuh pada tanggal 13 September besok.

Setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan tradisi Rebo Wekasan. Di Jogja Rebo Wekasan kerap digelar tempuran Kali Opak dan Kali Gajahwong yang beralokasi di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul.

Baca Juga: Larangan Rebo Wekasan 2023, Pantangan Apa Rabu Wekasan Boleh Keluar Rumah? Ini Waktu Terbaik Sholat Tolak Bala

Sementara di Banten dan Tasikmalaya tradisi Rebo Wekasan digelar dengan melaksanakan shalat khsusu pada pagi hari tepat pada Rabu terakhir bulan safar.

Sejarah Rebo Wekasan

Hingga kini banyak beredar versi sejarah Rebo Wekasan yang membuat tradisi ini berasal dari mana sulit dipastikan kebenarannya.

Hampir sama dengan tata cara pelaksanaanya yang beragam, sejarah asal mula tradiri Rebo Wekasan di setiap daerah pun memiliki cerita yang berbeda.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x