Larangan Rebo Wekasan 2023, Pantangan Apa Rabu Wekasan Boleh Keluar Rumah? Ini Waktu Terbaik Sholat Tolak Bala

- 12 September 2023, 14:38 WIB
Pantangan Rabu Wekasan, larangan Rebo Wekasan, apa yang tidak boleh dilakukan saat rebo wekasan, dan kapan waktunya sholat tolak bala lidaf'il bala?.
Pantangan Rabu Wekasan, larangan Rebo Wekasan, apa yang tidak boleh dilakukan saat rebo wekasan, dan kapan waktunya sholat tolak bala lidaf'il bala?. /freepik.com/@rawpixel.com

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari pantangan Rabu Wekasan, larangan Rebo Wekasan, apa yang tidak boleh dilakukan saat rebo wekasan, dan kapan waktunya sholat tolak bala lidaf'il bala?.

Ketahui larangan Rebo Wekasan, pantangan apakah Rabu Wekasan boleh keluar rumah? Simak waktu terbaik kapan sholat tolak bala lidaf'il bala.

Rebo Wekasan, juga dikenal sebagai Rebo Pungkasan, adalah istilah dalam budaya Jawa yang merujuk pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriyah.

Pada tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 13 September 2023. Sejarah dan tradisi ini berkaitan erat dengan kepercayaan lama bahwa bulan Safar adalah bulan yang penuh dengan kesialan.

Baca Juga: Teks Doa Rebo Wekasan 2023 PDF Arab Latin dan Artinya, Link Download Doa Usai Sholat Tolak Bala Lidaf'il Bala

Meskipun Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa tidak ada bulan yang membawa sial, keyakinan ini tetap ada di beberapa kelompok masyarakat, termasuk suku Jawa.

Tradisi dan Ritual pada Rebo Wekasan

Tradisi dan ritual Rebo Wekasan bervariasi di berbagai daerah di Jawa dan Indonesia.

Di Kudus dan Garut, misalnya, masyarakat biasanya melakukan sholat sunnah dan membaca surat-surat pendek dari Al-Quran.

Di Tegal, tradisi ini diisi dengan pengajian akbar dan tahlilan. Di Wonokromo, Yogyakarta, biasanya digelar pasar malam, dan di Jawa Timur, ada tradisi sedekah bumi dan Petik Laut.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x