Rebo Wekasan Baca Apa, Kapan Pelaksanaan Shalat Rebo Wekasan? Doa Rabu Akhir di Bulan Safar

- 11 September 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi - Rebo Wekasan baca apa, kapan pelaksanaan sholat Rebo Wekasan dia hari rabu akhir di bulan Safar lidaf'il bala.
Ilustrasi - Rebo Wekasan baca apa, kapan pelaksanaan sholat Rebo Wekasan dia hari rabu akhir di bulan Safar lidaf'il bala. /Unsplash.com/Kenrick Mills

BERITA DIY - Berikut informasi Rebo Wekasan baca apa, kapan pelaksanaan sholat Rebo Wekasan dia hari rabu akhir di bulan Safar lidaf'il bala.

Memasuki akhir bulan Safar banyak masyarakat khususnya umat muslim mencari tahu tentang Rebo Wekasan.

Rebo Wekasan sendiri merupakan istilah dari hari Rabu terakhir pada bulan Safar yang sebagian orang meyakini hari turunnya bala.

Jika benar, maka Rebo wekasan 2023 jatuh pada tanggal 13 September 2023 atau bertepatan pada Rabu Pahing, 27 Safar.

Baca Juga: Teks Doa Rebo Wekasan 2023 PDF Arab Latin dan Artinya, Link Download Doa Usai Sholat Tolak Bala Lidaf'il Bala

Mengutip dari laman NU, ulama berbeda pendapat dalam menetapkan hukum shalat Rebo Wekasan.

Dilansir NU Online dalam tulisan Hukum Shalat Rebo Wekasan dalam Islam, hukum shalat Rebo Wekasan menurut Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari adalah haram. Sebab, shalat Rebo Wekasan ini tidak ada asalnya dalam syariat.

Namun, Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Quds al-Maki dalam Kanz al-Najah wa al-Surur menyebut bahwa Shalat Rebo Wekasan itu boleh dengan syarat bukan niat untuk Rebo Wekasan, melainkan diniatkan sebagai shalat sunnah mutlak.

Adapun beberapa amalan yang dipercayai bisa dilaksanakan pada Rebo Wekasan ialah sholat sunnah biasa dan membaca doa tolak bala.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x