Update Progres Tol Padang Sicincin, Ini Daftar Daerah yang Kena Pembebasan Lahan! Berapa Ganti Ruginya?

- 12 Agustus 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi - Info update progres Tol Padang Sicincin, daftar daerah yang kena pembebasan lahan, dan berapa ganti ruginya.
Ilustrasi - Info update progres Tol Padang Sicincin, daftar daerah yang kena pembebasan lahan, dan berapa ganti ruginya. /bpjt.pu.go.id

BERITA DIY - Berikut informasi update progres Tol Padang Sicincin, daftar daerah yang kena pembebasan lahan, dan berapa ganti ruginya.

Provinsi Sumatera Barat akan memiliki jalan bebas hambatan yakni Tol Padang - Pekanbaru dengan salah satu ruas yakni rute Padang - Sicincin.

Pembangunan Tol Padang - Sicincin yang merupakan seksi 1 Tol Padang - Pekanbaru terus dikerjakan demi selesai sesuai rencana.

Tol Padang - Sicincin memiliki panjang mencapai 36,6 km. Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga: Update Ruas Tol Trans Sumatera: Konstruksi Tol Padang-Sicincin, Selesai Kapan?

Selesainya pembangunan tol ini tergantung pada dukungan Pemerintah daerah (Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait) salah satunya dalam pembebasan lahan yang dilalui ruas tol.

"Kuncinya sekarang ada Pemerintah Kabupaten, Kota dan juga Provinsi. Seandainya tanahnya clear, maka kita siap untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunannya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman bpjt.pu.go.id.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Padang–Sicincin sudah dimulai sejak Februari 2018 dengan progres konstruksi saat ini lebih dari mencapai 60 persen. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun juga telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan jalan tol untuk membantu Kementerian PUPR seperti pemberkasan dan mediasi sengketa.

Konstruksi jalan tol Padang - Sicincin sendiri ditargetkan selesai dan beroperasi penuh pada Juli 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x