Sejarah Tempe Mendoan yang Jadi Ciri Khas Banyumas Termasuk Warisan Tak Benda Indonesia

- 29 Oktober 2022, 14:49 WIB
Tampil di Google Doodle hari ini, simak sejarah tempe mendoan yang jadi ciri khas Purwokerto atau Banyumas serta warisan tak benda Indonesia.
Tampil di Google Doodle hari ini, simak sejarah tempe mendoan yang jadi ciri khas Purwokerto atau Banyumas serta warisan tak benda Indonesia. /Tangkapan layar YouTube.com/ Devina Hermawan

BERITA DIY - Tampil di Google Doodle hari ini, simak sejarah tempe mendoan yang jadi ciri khas Purwokerto atau Banyumas serta termasuk warisan tak benda Indonesia.

Tempe mendoan khas Banyumas hari ini mendadak menjadi banyak dibicarakan usai masuk GooGle Doodle, tak terlepas dari sejarah dan tentang olahan makanan tempe ini.

Seperti diketahui tempe mendoan merupakan makanan yang menjadi ciri khas daerah Banyumas, Jawa Tengah yang banyak disukai orang.

Banyak orang yang menyukai tempe mendoan khas Banyumas karena bentuk dari makanan ini yang memiliki keunikan sendiri.

Baca Juga: Kenapa Google Doodle Tampilkan Tempe Mendoan Hari Ini? Simak Sejarah dan Penyebab Ditampilkan

Sebagai informasi, tempe mendoan adalah salah satu makanan khas Banyumas, Jawa Tengah yang berasal dari olahan tempe kedelai.

Dalam dialek Banyumasan, istilah mendoan berasal dari kata “mendo” yang memiliki arti setengah matang atau lembek.

Lalu bagaimana sejarah dari tempe mendoan khas Banyumas yang memiliki rasa dan bentuk yang unik ini?

Secara umum mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak (deep frying) dengan cepat, sehingga masakan tidak matang dengan sempurna.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x