Sejarah Singkat dan Makna Sumpah Pemuda Diperingati 28 Oktober 2022: Lokasi 3 Rapat Tempat Lahir Sumpah Pemuda

- 25 Oktober 2022, 10:35 WIB
Baca sejarah singkat dan makna Sumpah Pemuda yang diperingati 28 Oktober 2022, lokasi 3 rapat tempat lahir Sumpah Pemuda.
Baca sejarah singkat dan makna Sumpah Pemuda yang diperingati 28 Oktober 2022, lokasi 3 rapat tempat lahir Sumpah Pemuda. /Twibbonize.com/Yusiko Djalius

BERITA DIY - Simak informasi tentang sejarah singkat dari Sumpah Pemuda diperingati 28 Oktober 2022 dan di mana lokasi tiga rapat tempat yang menjadi cikal bakal lahirnya Sumpah Pemuda.

Salah satu peristiwa bersejarah yang diperingati pada bulan Oktober adalah peristiwa Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Peristiwa Sumpah Pemuda selalu diperingati dan dirayakan setiap tahunnya. Perayaan salah satu hari bersejarah yang berkaitan dengan bangsa ini memiliki arti dan makan di dalamnya.

Untuk mengetahui apa makna yang terkandung di dalam sumpah pemuda yang diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Oktober simak penjelasan dalam artikel ini.

Baca Juga: Cek 28 Oktober Memperingati Hari Apa, Libur atau Tidak? Ini Makna, Tujuan dan Ini Isi Sumpah Pemuda

Ide tentang pelaksanaan kongres pemuda khususnya kongres yang kedua lahir dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia atau yang dikenal dengan (PPPI).

PPPI merupakan organisasi yang isinya para pelajar di seluruh Indonesia. Berdasarkan ide tersebut kongres dilakukan di tiga tempat berbeda dengan pembagian tiga kali rapat.

Dari tiga kali rapat itu yang nantinya melahirkan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, berikut ini tiga tempat yang menjadi lokasi cikal bakal lahirnya Sumpah Pemuda.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah