Kapan Hari Santri 2022? Simak Sejarah, LINK Download Logo, Tema, dan Panduan Kegiatan

- 21 Oktober 2022, 19:40 WIB
Pada akhir Oktober 2022 ini, banyak yang mencari tahu kapan hari santri 2022? Simak sejarah HSN, link download logo, tema, dan panduan.
Pada akhir Oktober 2022 ini, banyak yang mencari tahu kapan hari santri 2022? Simak sejarah HSN, link download logo, tema, dan panduan. /Twibbonize.com/Al Huda Buku

BERITA DIY - Pada akhir Oktober 2022 ini, banyak yang mencari tahu kapan hari santri 2022? Simak sejarah HSN, link download logo, tema, dan panduan kegiatan HSN tahun ini.

Hari Santri 2022 akan jatuh pada esok hari, 22 Oktober 2022. Hari yang dijadikan hari libur nasional oleh pemerintah tersebut sangat erat kaitannya dengan sejarah kemerdekaan.

Namun, berbeda dengan potongan sejarah kemerdekaan yang lain, peringatan Hari Santri 2022 diadakan untuk memperingati peran penting ulama dan santri dalam perang kemerdekaan RI.

Adapun tanggal 22 Oktober 2022 dipilih berdasarkan latar belakang sejarah dicetuskannya fatwa "Resolusi Jihad" oleh ulama besar di Jawa Timur, KH Hasyim Asyari.

Baca Juga: 15 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Santri Nasional HSN 22 Oktober 2022 Cocok untuk Status WA, FB, IG, Sosmed

Fatwa Resolusi Jihad berisi seruan berjihad kepada umat Islam untuk melawan penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kala itu, Indonesia sedang mengalami agresi militer Belanda. Pada tanggal 22 Oktober 2022 itulah, KH Hasyim Asyari yang merupakan pengasuh Ponpes Tebuireng mencetuskan jihad.

Tidak main-main, isi fatwa tersebut menghukumkan fardlu 'ain atau wajib individual kepada umat Islam dewasa dalam radius tertentu untuk ikut perang melawan penjajah.

Tentu saja, laskar-laskar yang kala itu mayoritas diisi oleh kalangan santri turun ke medan perang dan menyerukan jihad.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x