Isi dan Arti Teks Sumpah Pemuda, Berikut Sejarah Peristiwa Hari Sumpah Pemuda

- 26 Oktober 2022, 12:35 WIB
Ilustrasi - Simak isi dan arti teks Sumpah Pemuda dilengkapi sejarah peristiwa Hari Sumpah Pemuda dalam ulasan yang ada di sini.
Ilustrasi - Simak isi dan arti teks Sumpah Pemuda dilengkapi sejarah peristiwa Hari Sumpah Pemuda dalam ulasan yang ada di sini. /unsplash.com/Mufid Majnun

BERITA DIY - Simak isi dan arti teks Sumpah Pemuda dilengkapi sejarah peristiwa Hari Sumpah Pemuda dalam ulasan berikut ini.

Hari Sumpah Pemuda akan kembali diperingati pada Jumat, 28 Oktober 2022. Tanggal 28 Oktober memang menjadi hari bersejarah bagi Indonesia.

Di tanggal tersebut, tercetuskan Sumpah Pemuda, yang menjadi salah satu semangat bagi para pemuda untuk merdeka.

Sejarah tentang Hari Sumpah Pemuda ini diawali dengan adanya Kongres Pemuda 2 yang diselenggarakan di Jakarta pada 27 Oktober 1928 dan 28 Oktober 1928.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 2022 Tema Bersatu Bangun Bangsa, Cocok untuk Upacara Bendera atau Lomba

Dikutip dari laman Museum Sumpah Pemuda Kemendikbud Ristek, diadakannya Kongres Pemuda 2 merupakan gagasan dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

PPPI merupakan sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Sebelumnya, pada 1926, sudah diadakan juga Kongres Pemuda 1.

Semangat para pemuda untuk kemerdekaan Indonesia membara usai terbentuknya sejumlah organisasi pemuda di Tanah Air.

Adapun dalam Kongers Pemuda 2, terdapat tiga rapat yang diselenggarakan dengan lokasi berbeda-beda.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x