Kapan Rebo Wekasan 2022 dan Tanggal Berapa? Amalan, Doa, serta Tata cara dan Bacaan Niat Sholat Rabu Pungkasan

- 20 September 2022, 11:09 WIB
Ilustrasi - Kapan Rebo Wekasan 2022 dan tanggal berapa? Ini amalan, doa, serta tata cara dan bacaan niat sholat Rabu Pungkasan.
Ilustrasi - Kapan Rebo Wekasan 2022 dan tanggal berapa? Ini amalan, doa, serta tata cara dan bacaan niat sholat Rabu Pungkasan. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Berikut informasi kapan Rebo Wekasan 2022 dan tanggal berapa? Amalan, doa, serta tata cara dan bacaan niat sholat Rabu Pungkasan.

Informasi tentang kapan dan tanggal berapa Rebo Wekasan 2022 serta amalan, doa, dan tata cara sholat Rabu Pungkasan bisa diketahui di artikel ini.

Adapun Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan jatuh pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriyah.

Saat Rebo Wekasan, ada doa dan amalan salah satunya sholat Rabu Pungkasan yang bisa dikerjakan.

Baca Juga: Rebo Wekasan 2022 Kapan Benar Rabu Terakhir di Bulan Shafar? Hukum dalam Islam dan Ini Doa Tolak Bala

Mengutip dari Pergunu Jateng, bentuk ritual Rebo Wekasan dapat berupa sholat tolak bala atau mutlaqoh atau hajat, berdoa dengan doa khusus, hingga melakukan selamatan.

Sebagai informasi, tradisi ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (w.1151 H) dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid, atau biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi.

Anjuran serupa juga terdapat pada kitab: Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

"Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun."

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x