Bacaan Doa Lidaf'il Bala dan Artinya, Simak Hukum Amalan Menurut Islam dan Waktu Sholat Rebo Wekasan 2021

- 6 Oktober 2021, 00:31 WIB
Ilustrasi: Bacaan doa lidaf'il bala dan artinya, berikut hukum amalan dan waktu sholat Rebo Wekasan di bulan Safar 2021.
Ilustrasi: Bacaan doa lidaf'il bala dan artinya, berikut hukum amalan dan waktu sholat Rebo Wekasan di bulan Safar 2021. /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Simak bacaan doa lidaf'il bala dan artinya, berikut hukum amalan dan waktu sholat Rebo Wekasan di bulan Safar 2021.

Rebo wekasan sendiri merupakan tradisi yang selama ini dilakukan di hari Rabu terakhir di bulan Safar, di mana salah satu ibadahnya yakni sholat tolak bala atau lidaf'il bala.

Adapun Rebo Wekasan pada tahun ini jatuh pada hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021. Artinya sholat lidaf'il bala digelar pada hari ini.

Baca Juga: Penjelasan Hukum Melaksanakan Sholat dan Amalan Rebo Wekasan dari Sudut Pandang Ulama

Selain sholat lidaf'il bala, tradisi yang biasa dilakukan saat Rebo Wekasan yakni berdoa dengan doa khusus hingga selametan.

Selama ini, tradisi Rebo Wekasan berlangsung secara turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa, Sunda, hingga Madura.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan, Rabu Terakhir Bulan Safar 2021! Ini Tata Cara Selamatan Tolak Bala

Pada kitab: Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x