Rebo Wekasan 2022 Kapan Benar Rabu Terakhir di Bulan Shafar? Hukum dalam Islam dan Ini Doa Tolak Bala

- 20 September 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi - Rebo Wekasan 2022 kapan benar Rabu terakhir bulan shafar dan ini doa tolak bala untuk diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Rebo Wekasan 2022 kapan benar Rabu terakhir bulan shafar dan ini doa tolak bala untuk diamalkan umat muslim. /PIXABAY/xegxef

BERITA DIY - Berikut informasi Rebo Wekasan 2022 kapan benar Rabu terakhir bulan Shafar dan ini doa tolak bala untuk diamalkan umat muslim.

Seperti diketahui Rebo Wekasan menjadi salah satu tradisi di Indonesia bahkan berbagai daerah ada tradisi tersebut.

Meski dalam islam Rebo Wekasan menjadi banyak perdebatan baik hukum, sholat Lidafil Bala, hingga hukum dalam agama.

Lalu apa yang spesial dari bulan Shafar yang di dalamnya terdapat Rabu Wekasan dan banyak dibicarakan kapan jadwal Rebo Wekasan.

Baca Juga: Apa Itu Rebo Wekasan di Bulan Safar 2022? Ini Sejarah Asal Usul Berasal dari Daerah Mana, Doa hingga Larangan

Dikutip dari laman Jabar NU, Bulan Shafar adalah salh satu nama bulan di kaleder hijriyah yang juga berdasarkan pada penanggalan Qomariyah.

Bulan Shafar terletak pada bulan kedua setelah Muharram dan sebelum bulan Rabiul awwal, kala itu di Arab sebagian orang menyebut bulan ini adalah bulan najiz dan banyak sial.

Untuk itu Rasulullah kemudian bersabda dalam haditsnya untuk membantah tetang bulan Shafar yang banyak terdapat kesialan hingga banyak yang membenci.

لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا هَامَةَ وَلَا صَفَرَ وَفِرَّ مِنْ الْمَجْذُومِ كَمَا تَفِرُّ مِنْ الْأَسَدِ

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x