Doa Tolak Bala, Amalan Sholat Lidaf'il Bala dan Larangan Rebo Wekasan: Berikut Daerah yang Lestarikan Tradisi

- 6 Oktober 2021, 13:21 WIB
Ilustrasi doa tolak bala, amalan sholat lidaf'il bala hingga larangan Rebo Wekasan, berikut daerah yang melestarikan tradisi ini.
Ilustrasi doa tolak bala, amalan sholat lidaf'il bala hingga larangan Rebo Wekasan, berikut daerah yang melestarikan tradisi ini. /UNSPLASH/(@katekerdi)

BERITA DIY - Simak doa tolak bala, amalan sholat lidaf'il bala hingga larangan Rebo Wekasan, berikut daerah yang melestarikan tradisi ini.

Seperti diketahui, Rebo Wekasan pada tahun ini jatuh pada Rabu, 6 Oktober 2021. Rebo Wekasan merupakan tradisi yang dilakukan di Rabu terakhir bulan Safar.

Tradisi Rebo Wekasan sudah berlangsung turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dan lain-lain.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan, Rabu Terakhir Bulan Safar 2021! Ini Tata Cara Selamatan Tolak Bala

Bentuk ritual Rebo Wekasan di akhir bulan Safar yakni salat tolak bala atau lidaf'il balaa, berdoa dengan doa khusus, hingga selamatan.

Di beberapa kalangan NU, salat sunnah lidaf'il balaa ini mulai mengalami perubahan dengan disarankan tidak lagi diniatkan untuk memperingati Rebo wekasan, namun sebagai salat sunah sebagaimana salat lainnya saja.

Mengutip dari Risalah Tebuireng Jombang, sholat Rebo Wekasan (sebagaimana anjuran sebagian ulama), jika niatnya adalah shalat Rebo Wekasan secara khusus, maka hukumnya tidak boleh, karena Syariat Islam tidak pernah mengenal shalat bernama “Rebo Wekasan”.

Baca Juga: Apa Itu Rebo Wekasan di Bulan Safar 2021: Asal-usul Berasal dari Daerah Mana, Doa, Larangan hingga Amalan

Tapi jika niatnya adalah shalat sunnah mutlaq atau shalat hajat, maka hukumnya boleh-boleh saja. Hal ini juga sudah menjadi Muktamar NU yang ditetapkan pada 20-25 Desember 1971 M.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x