Hukum Percaya Ramalan dalam Islam Apakah Syirik? Ini Penjelasan Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW

- 17 Juni 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi - Hukum percaya ramalan zodiak dalam Islam apakah syirik? Ini penjelasan berdasarkan Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW.
Ilustrasi - Hukum percaya ramalan zodiak dalam Islam apakah syirik? Ini penjelasan berdasarkan Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW. /PIXABAY/@mohdfaris9

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang bagaimana hukum mempercayai ramalan salah satunya zodiak dalam Islam. Apakah itu merupakan perbuatan syirik dan kekufuran? Ini penjelasan berdasarkan ayat Al-Qur’an dan hadis nabi Muhammad.

Ramalan zodiak adalah prediksi terhadap kehidupan seseorang yang berkaitan dengan kesehatan, keuangan, percintaan, dan urusan karier. Sampai saat ini membaca dan mengetahui ramalan zodiak masih diminati oleh masyarakat.

Zodiak berdasarkan KBBI diartikan sebagai lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

Berdasarkan arti zodiak dari KBBI, ramalan zodiak maknanya dekat dengan astrologi. Astrologi dalam KBBI diartikan sebagai ilmu perbintangan yang dipakai untuk meramal dan mengetahui nasib orang.

Baca Juga: Apa Hukum Orang Islam Dikubur Menggunakan Peti? Berikut Penjelasan dan Amalan Setelah Memakamkan Jenazah

Berdasarkan uraian tersebut diketahui bahwa zodiak adalah sebuah ramalan yang didasarkan pada 12 tanda bintang yang disamakan dengan 12 bulan kelahiran manusia.

Dalam Islam urusan bagaimana nasib seseorang hari ini, besok, dan selanjutnya adalah urusan Tuhan, dan semua bulan kelahiran manusia diyakini sebagai bulan-bulan baik.

Selain itu penyebab banyaknya orang yang mempercayai ramalan zodiak adalah karena rasa ingin tahu yang dimiliki manusia.

Rasa ingin tahun ini menimbulkan dua dampak yaitu positif dan negatif. Keingintahuan yang bersifat positif contohnya seperti ingin tahu bagaimana agar bisa lebih baik lagi dikemudian hari.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x