Hukum dan Niat Puasa Syawal 6 Hari, Kapan Mulai Dikerjakan dan Bagaimana Cara Melaksanakannya?

- 2 Mei 2022, 16:47 WIB
Ilustrasi - hukum dan bacaan niat puasa syawal 6 hari, kapan mulai bisa dikerjakan dan bagaimana cara melaksanakannya.
Ilustrasi - hukum dan bacaan niat puasa syawal 6 hari, kapan mulai bisa dikerjakan dan bagaimana cara melaksanakannya. /PEXELS/Thirdman

BERITA DIY - Berikut informasi hukum dan niat puasa syawal 6 hari. Ketahui kapan mulai dikerjakan dan bagaimana cara melaksanakannya melalui artikel ini.

Puasa syawal 6 hari merupakan ibadah puasa yang dikerjakan pada bulan syawal setelah Hari Raya Idul Fitri atau mulai tanggal 2 syawal.

Di tahun 2022 atau 1443 Hijriah, 1 syawal jatuh pada hari ini, Selasa, 2 Mei 2022. Sehingga puasa syawal bisa mulai dikerjakan pada hari Rabu, 3 Mei 2022.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan: Arab, Latin, dan Artinya, Beserta Jadwal pada Bulan Syawal

Baca Juga: Berapa Hari Puasa Syawal, Mulai Kapan? Keutamaan Serta Bacaan Niat Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Baca Juga: Panduan Tata Cara Melaksanakan Puasa Syawal 6 Hari 2022 Sesuai Sunnah: Bacaan Niat, Hukum dan Keutamaan

Hukum puasa syawal adalah sunnah seperti layaknya puasa senin kamis sehingga umat muslim tidak diwajibkan menjalankan. Namun bagi yang mengerjakan akan mendapat sejumlah keutamaan.

Tata cara melaksanakan puasa syawal adalah dengan berpuasa selama 6 hari secara berturut-turut. Tetapi jika tidak bisa mengerjakan puasa syawal 6 hari berturut-turut, maka boleh dikerjakan secara terpisah asalkan 6 hari lamanya.

Tata cara melaksanakan puasa syawal 6 hari tidak berbeda dengan puasa Ramadhan. Hanya saja terdapat bacaan niat yang berbeda.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x