Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan: Arab, Latin, dan Artinya, Beserta Jadwal pada Bulan Syawal

- 2 Mei 2022, 15:45 WIB
Ilustrasi - Berikut bacaan niat, waktu, dan tata cara puasa Qadha Ramadhan di bulan Syawal.
Ilustrasi - Berikut bacaan niat, waktu, dan tata cara puasa Qadha Ramadhan di bulan Syawal. /PIXABAY/kirill_sobolev

BERITA DIY - Inilah tata cara lengkap dengan bacaan niat puasa Qadha dan waktu melaksanakannya pada bulan Syawal.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam khususnya bagi yang mampu untuk menjalankan ibadah selama 1 bulan tersebut.

Sedangkan bagi yang sedang berhalangan ataupun telah memasuki masa uzur juga dapat untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan kemudian dapat mengganti dengan puasa di kemudian hari.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari ini Yogyakarta 30 April 2022: Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Kota Jogja

Ibadah puasa untuk menggantikan puasa Ramadhan yang ditinggalkan tersebut diketahui dengan istilah yaitu puasa Qadha yang dapat dilaksanakan setelah berakhirnya bulan Ramadhan. 

Menunaikan ibadah puasa Qadha atau ganti puasa Ramadhan ini sendiri diketahui sebagai ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu untuk menjalankan ibadah sesuai dengan puasa yang ditinggalkan tersebut.

Bagi yang nantinya akan melaksanakan ibadah puasa Qadha atau ganti karena meninggalkan ibadah puasa Ramadhan dapat mengetahui mengenai tata cara lengkap dengan bacaan niat yang dapat dilafalkan.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Yogyakarta Hari Ini 30 April 2022: Kota Jogja, Bantul, Hingga Kulon Progo serta Waktu Isya

Lebih lanjut, tata cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengganti puasa Ramadhan atau puasa Qadha maka dapat dilakukan sama seperti ibadah puasa yang lainnya.

Berikut merupakan tata cara yang dapat dilakukan dalam rangka melaksanakan ibadah puasa Qadha atau ganti puasa Ramadhan:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x