Hukum, Tata Cara, dan Doa yang Dibaca Ketika Melakukan Ziarah Kubur Saat Lebaran Idul Fitri

- 30 April 2022, 18:00 WIB
 Ilustrasi ziarah kubur setelah Idul Fitri. Hukum, tata cara, dan doa yang dibaca ketika melakukan ziarah kubur saat lebaran Idul Fitri.
Ilustrasi ziarah kubur setelah Idul Fitri. Hukum, tata cara, dan doa yang dibaca ketika melakukan ziarah kubur saat lebaran Idul Fitri. /PEXELS/@Meruyert Gonullu

BERITA DIY - Berikut ini hukum, tata cara, dan doa yang dibaca ketika melakukan ziarah kubur saat Lebaran Idul Fitri. Masyarakat Indonesia punya kebiasaan di mana setelah melaksanakan salat Idul Fitri mereka akan melakukan ziarah kubur.

Ziarah kubur ini ada yang pagi hari dan juga ada yang melakukan ziarah kubur di sore harinya. Seperti halnya kebiasaan lain, ziarah kubur juga memiliki tujuan salah satunya untuk mengingat kematian.

Dikutip BERITA DIY dari laman Muhammadiyah,, hikmah ziarah kubur ini dijelaskan dalam dua hadis Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Doa dan Tata Cara Ziarah Kubur Saat Idul Fitri 1443 H dalam Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

Dua hadis Nabi Muhammad ini juga sekaligus menjelaskan tentang bagaimana hukum melakukan ziarah kubur.

عن بُرَيْدَةَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِى زِيَارَةِ قَبْرِ أُمِّهِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الآخِرَة. [رواه مسلم وابو داود والترمذي وابن حبان والحاكم]

Artinya: “Diriwayatkan dari Buraidah ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Dahulu aku pernah melarang ziarah kubur, maka telah diizinkan bagi Muhammad berziarah kubur bundanya. Maka berziarahlah kubur, sebab hal itu mengingatkan akhirat”. (HR. Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan al-Hakim).

عن أبي هريرة قال قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم اسْتَأْذَنْتُ رَبِّى تَعَالَى عَلَى أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِى فَاسْتَأْذَنْتُ أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِى فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ بِالْمَوْتِ. [رواه الجماعة]

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bacaan Tahlil dan Surah Yasin 83 Ayat, Teks Arab, Latin, dan Artinya
Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Aku memohon izin kepada Tuhanku agar aku diperkenankan memohonkan ampun bagi ibuku, maka tidak diizinkan. Lalu aku memohon izin untuk berziarah ke kuburnya, maka diizinkannya. Oleh karena itu ziarahlah ke kubur, sebab hal itu dapat mengingatkan mati”. (HR. Jama'ah)

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x