Cara Cek Tilang Elektronik di Jalan Tol Secara Online Bisa Lewat HP

- 10 Juni 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi cara cek tilang elektronik di jalan tol secara online bisa lewat HP melalui situs resmi Polri.
Ilustrasi cara cek tilang elektronik di jalan tol secara online bisa lewat HP melalui situs resmi Polri. /PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Korlantas Polri kini tengah melakukan perluasan penindakan hukum dalam ranah lalu lintas melalui pemberlakuan tilang online di beberapa ruas jalan Tol. Simak cara di bawah ini untuk mengetahui cara cek tilang elektronik secara online bisa lewat HP.

Korlantas Polri saat ini sedang genjar melakukan perluasan penindakan hukum dalam ranah lalu lintas di jalan tol. Adapun jenis pelanggaran yang akan ditindak yakni kelebihan kecepatan atu overspeed dan kelebihan muatan atau overloading.

Dilansir dari Instagram resmi @ntmc_polri, Brigjen Pol Aan Suhanan yang saat ini menjabat sebagai Direktorat Penegakan Hukum Korlantas Polri mengungkapkan bahwa tilang elektronik akan mengambil data pemilik kendaraan. Data tersebut diperoleh dari data plat nomor kendaraaan dan kemudian diinput kedalam sistem yang telah disiapkan sebelumnya.

Saat ini, pihak Korlantas tengah mengembangkan tilang elektronik di Sumatera Utara dengan memasang duakamera yang telah diintegasikan ke dalam sistem ETLE atau electronic Traffic Law Enforcement. Aan juga menyampaikan bahwa terdapat dua kamera yang diaktifkan guna mendorong penegakah hukum terhadap pelanggan lalu lintas.

Baca Juga: Perhatian! Polisi Terapkan Tilang ETLE Pakai Kamera HP: Lokasi, Mekanisme dan Sasaran Tilang Elektronik

Selain itu, pemberlakuan tilang elektronik kini telah diterapkan di 26 Polda atau sebanyak 286 titik ETLE. Selain itu, khusus di jalan tol sendiri telah dipasangkan lebih dari 30 kamera untuk memantau kendaraan yang melakukan pelanggaran di atas.

Pengembangan teknologi ETLE diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh perilaku mengemudi yang sembarangan. Selain itu, pemberlakuan tersebut juga diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam mengemudi sehingga memperhatikan detail seperti kecepatan berkendara atau muatan kedepannya.

Adapun cara untuk mengetahui apakah kendaraan yang kita miliki melanggar lalu lintas dan masuk dalam sistem dapat diketahui melalui cek online. Berikut merupakan cara untuk melakukan cek tilang elektronik di jalan tol secara online bisa lewat HP:

1. Masukkan kata kunci pada laman pencarian https://etle-pmj.info/id/check-data.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x