Niat Sholat Qobliyah Jumat Sebelum Jumatan dan Takhiyatul Masjid 2 Rakaat: Arab, Latin, dan Artinya Indonesia

- 3 Juni 2022, 10:09 WIB
Bacaan niat sholat qobliyah Jumat sebelum Jumatan dan takhiyatul masjid dua rakaat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia.
Bacaan niat sholat qobliyah Jumat sebelum Jumatan dan takhiyatul masjid dua rakaat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia. /Pexels / Alena Darmel//

BERITA DIY - Bacaan niat sholat qobliyah Jumat sebelum Jumatan dan takhiyatul masjid dua rakaat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia tersedia di sini.

Sebagai informasi, pelaksanaan sholat qobliyah dan ba'diyah (sebelum dan sesudah) sholat Jumat menyisakan sejumlah perselisihan atau perbedaan dari berbagai pandangan ulama ini.

Dikutip Berita DIY dari NU Jatim,  sholat sunnah qobliyah Jumat atau sebelum Jumatan boleh dikerjakan, sesuai dengan dalil sebagai berikut:

مَا صَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانٍ مِنْ حَدِيْثِ عَبْدِاللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ "مَا مِنْ صَلاَةٍ مَفْرُوْضَةٍ إِلاَّ وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ

Artinya: Semua shalat fardhu itu pasti diikuti oleh shalat sunah qabliyah dua rakaat. (HR Ibnu Hibban yang telah dianggap shahih dari hadits Abdullah bin Zubair).

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia saat Yasinan dan Tahlilan

 

Dalil kedua:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ سُلَيْكٌ الغَطَفَانِيُّ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصَلَّيْتَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجِيْءَ؟ قاَلَ لاَ. قَالَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا. سنن ابن ماجه

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x