Daftar Surat Al-Quran yang Baik Diamalkan di Hari Jumat Sesuai Dalil: Ada Surat Al Kahfi hingga Surat Yasin

- 27 Mei 2022, 14:41 WIB
Ilustrasi - Daftar surat Al-Quran yang baik dibaca hari Jumat dan merupakan kebiasaan Rasulullah SAW.
Ilustrasi - Daftar surat Al-Quran yang baik dibaca hari Jumat dan merupakan kebiasaan Rasulullah SAW. /pixabay.com/cahiwak

BERITA DIY - Simak daftar Surat Al-Quran yang baik diamalkan di hari Jumat sesuai dalil, ada Surat Al Kahfi, Surat Yasin, dll.

Selain ibadah wajib, umat Islam juga dianjurkan melakukan ibadah sunnah untuk menambah pahala, di antaranya adalah membaca beberapa surat yang ada di dalam Al-Quran pada hari Jumat.

Sebenarnya membaca surat-surat dalam Al-Quran bisa diamalkan kapan saja. Namun hari Jumat memang menjadi hari yang diistimewakan. Oleh karena itu, alangkah baiknya umat Muslim menjalankan ibadah sunnah sebagai pelengkap ibadah wajib.

Baca Juga: Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Arab, Latin, dan Indonesia: Dibaca Saat Malam Jumat dan Pelengkap Tahlil

Dikatakan bahwa hari Jumat adalah saat di mana permohonan doa dikalbulkan oleh Allah SWT, sebagaimana Rasulullah SAW meriwayatkan dalam sebuah hadits berbunyi:

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya. Dan rentang waktu itu cukup singkat."

Bahkan, keutamaan hari Jumat disebutkan dalam Al-Quran yang menyerukan umat Islam untuk menunaikan sholat dan meninggalkan jual beli sementara.

Baca Juga: Bacaan Doa Agar Terhindar dari Penyakit Ain Mohon Perlindungan Allah SWT, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al Jumu'ah [62]:9).

Daftar surat Al-Quran yang baik dibaca saat hari Jumat

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x