Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan Disertai Efek Samping dan Cara Konsumsi Sambiloto

- 2 Juni 2022, 21:00 WIB
Manfaat sambiloto untuk kesehatan disertai efek samping dan cara konsumsi sambiloto.
Manfaat sambiloto untuk kesehatan disertai efek samping dan cara konsumsi sambiloto. /Tangkap Layar/ners.unair.ac.id

BERITA DIY - Berikut merupakan artikel yang akan mengulas tentang manfaat sambiloto untuk kesehatan. Simak selengkapnya untuk mengetahui efek samping serta cara untuk konsumsi tanaman herbal sambiloto.

Dilansir dari ners.unair.ac.id https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/860-kenali-7-manfaat-sambiloto-untuk-kesehatan, sambiloto atau (Adrographis paniculata) adalah salah satu tanaman herbal yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, tanaman sambiloto juga memiliki kandungan zat aktif yang disebut andrograffolida.

Sebagai tanaman herbal, tentunya sambiloto memiliki berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang terdiri dalam sambiloto sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bahkan sering digunakan untuk meredakan gejala flu.

Baca Juga: 8 Manfaat Mengonsumsi Kol untuk Kesehatan Tubuh Dilengkapi Tata Cara Membuat Jus Kol yang Benar

Tanaman herbal sambiloto memiliki cita rasa yang pahit namun sering dijadikan sebagai alternatif pengobatan yang alami. Sambiloto bermanfaat bagi tubuh dari mulai meredakan flu hingga mencegah risiko terkena penyakit kanker.

Berikut merupakan manfaat sambiloto untuk kesehatan :

1. Meredakan gejala flu

Penelitian menunjukkan bahwa sambiloto mampu meredakan gejala flu seperti bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan zat dari sambiloto yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x