5 Sayuran yang Efektif Turunkan Kolesterol dan Baik untuk Pencernaan, Salah Satunya Wortel

- 25 Mei 2022, 15:30 WIB
ilustrasi - Lima jenis sayuran yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan tinggi serat yang mampu cegah serangan jantung dan stroke, salah satunya wortel dan bayam.
ilustrasi - Lima jenis sayuran yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan tinggi serat yang mampu cegah serangan jantung dan stroke, salah satunya wortel dan bayam. / PEXELS/Lum3n

BERITA DIY – Berikut informasi mengenai lima jenis sayuran yang jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah karena mengandung serat tinggi dan juga antioksidan yang membantu mengurangi plak akibat lemak dalam pembuluh darah. 

Kolesterol adalah sejenis lemak yang ditemukan di jaringan tumbuhan dan hewan. Pada manusia, asupan kolesterol didapat dari dua sumber, yaitu dari produksi lemak di organ hati dan dari makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol adalah molekul yang penting dalam tubuh manusia. Kolesterol mempunyai berbagai fungsi penting dalam tubuh, seperti membantu proses produksi vitamin D, produksi hormon, hingga pembentukan asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak di dalam lambung.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Turunkan Kolestrol Tinggi Akibat Makan Enak Selama Lebaran Idul Fitri

Tetapi, hal itu hanya berlaku jika kadar kolesterol di dalam tubuh berada dalam taraf normal. Jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, hal tersebut justru menjadi problem tersendiri yang berbahaya bagi manusia.

Hal itu karena kolesterol dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kolesterol baik dan buruk. Kolesterol baik (lipoprotein berat) berfungsi membawa kolesterol dari sel tubuh untuk kembali diolah di organ hati. Kolesterol jahat (lipoprotein ringan) juga mempunyai fungsi yang sama, tetapi karena sifatnya yang kurang stabil, kolesterol jahat rentan masuk ke aliran darah.

Jika kolesterol jahat ini berada dalam darah, mereka dapat menempel pada bagian pembuluh darah yang luka atau sedang meradang dan mengakibatkan penyumbatan yang berujung pada serangan jantung.  

Baca Juga: Manfaat Zaitun untuk Kesehatan: Menurunkan Kolestrol hingga Mengurangi Risiko Kanker

Untuk mengantisipasi serangan jantung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti aktif olahraga, menjaga berat badan, dan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x