5 Sayuran yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi: Ada Bayam, Seledri, hingga Wortel

- 2 April 2021, 20:34 WIB
Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Hipertensi
Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Hipertensi /pixabay/ Shutterbug75

BERITA DIY – Memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi membuat seseorang harus berhati-hati dalam memilih makanan. Berikut lima sayuran yang baik dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah meningkat ke tingkat yang tidak sehat. Sebagian bessar hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi selama beberapa tahun, pendeteksian dini hipertensi penting untuk dilakukan.

Biasanya hipertensi tidak menunjukkan gejala apa pun. Hipertensi dengan kategori berat akan memunculkan gejala seperti sakit kepal, sesak napas, mimisan, pusing, sakit dada, gangguan pengelihatan dan adanya darah dalam urin.

Baca Juga: 3 Tips Diet untuk Kecilkan Perut Buncit

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ, terutama otak, jantung, mata, dan ginjal. Jika dibiarkan risiko terkena serangan jantung dan stroke juga semakin tinggi.

Perawatan untuk hipertensi meliputi obat hipertensi dan perubahan gaya hidup sehat. Berikut rekomendasi sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Bayam

Sayur bayam kaya akan nitrat, antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi sup bayam mampu menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

 Baca Juga: 3 Tips Diet Aman Bernutrisi Tanpa Membuat Lapar

  1. Brokoli

Sayur brokoli kaya akan kandungan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Mengonsumsi empat porsi brokoli atau lebih per minggu memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang. Brokoli dikenal banyak efek menguntungkannya pada kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda .

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x