Apa Itu Virus Hendra yang Menular dari Kuda ke Manusia? Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah

- 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi - Apa itu virus Hendra yang menular dari kuda ke manusia? kenali gejala, penyebab, dan cara mencegah.
Ilustrasi - Apa itu virus Hendra yang menular dari kuda ke manusia? kenali gejala, penyebab, dan cara mencegah. /PIXABAY/@rihaij

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai virus Hendra yang menular dari kuda ke manusia, kenali gejala, penyebab, dan cara mencegah berikut ini.

Virus Hendra tengah menjadi perbincangan setelah munculnya Covid-19 dan hepatitis akut. Virus Hendra juga dianggap bisa memberi ancaman, mengingat interaksi manusia dengan hewan.

Melansir dari laman resmi kemkes, virus Hendra (pernah disebut equini morbillivirus) merupakan anggota dari keluarga Paramyxoviridae, genus Henipavirus yang punya 2 anggota, yaitu Hendra virus dan Nipah virus.

Baca Juga: Virus Hendra Adalah Apa? Gejala dan Cara Penularan Virus Hendra di Indonesia Beserta Pencegahannya

Wabah pertama dilaporkan di pinggiran kota Brisbane, Hendra, Australia, tahun 1994 pada spesimen yang diperoleh saat wabah pada kuda dan manusia di Hendra.

Penyakit virus Hendra bisa menular dari inang alami flying fox (kelelawar dari genus Pteropus) ke hewan lain dan ke manusia (zoonosis). 

Setelah inkubasi 9-16 hari, pasien akan mengalami infeksi saluran pernafasan seperti demam, batuk, nyeri tenggorokan. Pada beberapa kasus berkembang menjadi ensefalitis yang fatal. Meskipun penyakit ini jarang, namun angka kematian (Case Fatality Rate/CFR) pada manusia tinggi yaitu 57 persen.

Baca Juga: Apakah Virus Cacar Monyet Menular dari Manusia ke Manusia? Ini Cara Mencegah Infeksi Virus Monkeypox

Kasus pada manusia sangat jarang, namun dari yang pernah ditemukan gejalanya sama seperti gejala penyakit pernafasan berat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x