Apakah Virus Cacar Monyet Menular dari Manusia ke Manusia? Ini Cara Mencegah Infeksi Virus Monkeypox

- 20 Mei 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. Apakah virus cacar monyet menular dari manusia ke manusia? Ini cara mencegah infeksi virus monkeypox
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. Apakah virus cacar monyet menular dari manusia ke manusia? Ini cara mencegah infeksi virus monkeypox /PIXABAY/@geralt

BERITA DIY- Berikut ini informasi apakah virus cacar monyet menular dari manusia ke manusia? Ini cara mencegah agar tidak terinfeksi virus monkeypox. Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit zoonosis virus langka yang terjadi terutama di Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Dikutip dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, masa inkubasi dari infeksi sampai timbulnya gejala cacar monyet dari 6 sampai 16 hari bisa juga 5 sampai 21 hari.

Gejala yang timbul atau dirasakan oleh penderita cacar monyet yaitu berupa demam, sakit kepala, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Baca Juga: Cacar Monyet Adalah Apa? Simak Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Komplikasi yang Bisa Terjadi

Kemudian muncul ruam pada kulit dan menyebar keberbagai bagian tubuh. Ruam ini dimulai dari bintik merah, kemudian lepuh berisi cairan bening, kemudian menjadi nanah, dan mengeras.

Penyakit cacar monyet atau monkeypox ditularkan dari hewan ke manusia melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, dan mukosa hewan yang sudah terinfeksi.

Kemudian muncul pertanyaan apakah virus cacar monyet dapat menular dari manusia ke manusia?

Baca Juga: Apa Penyebab Cacar Monyet atau Monkeypox? Ketahui Ciri-ciri dan Gejala Beserta Cara Pencegahannya

Dikutip dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, kasus penularan virus cacar monyet dari manusia ke manusia dapat terjadi.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x