Apa Itu Virus Hendra? Ini Gejala, Penularan, dan Cara Melakukan Pencegahan Agar Manusia Tidak Terinfeksi

- 20 Mei 2022, 09:05 WIB
Ilustrasi virus Hendra dapat ditularkan oleh kuda. Apa itu virus Hendra? Ini gejala, penularan, dan cara melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi.
Ilustrasi virus Hendra dapat ditularkan oleh kuda. Apa itu virus Hendra? Ini gejala, penularan, dan cara melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi. /PEXELS/@Konevi

BERITA DIY - Simak apa itu virus Hendra? Ini gejala, penularan, dan cara melakukan pencegahan agar manusia tidak terinfeksi. Setelah kasus COVID-19 menurun dan pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker kini muncul penyakit lain yaitu virus Hendra.

Dikutip dari BBKP Tanjung Priok, virus Hendra merupakan single train dan termasuk dalam famili paramyxoviridae. Virus ini dapat bertahan hidup lebih dari empat hari di urin rubah tebang (salah satu spesies kelelawar).

Selain bisa bertahan hidup selama empat hari pada salah satu spesies kelelawar, virus Hendra juga dapat bertahan hidup pada makanan dalam kurun waktu beberapa hari di jus buah.

Baca Juga: Link Live Streaming Final MLBB SEA Games 2022 Timnas Mobile Legends Indonesia vs Filipina

Pada lingkungan virus ini tidak bisa bertahan pada suhu tinggi baik itu pada urin maupun jus buah di suhu 37 derajat.

Pada kuda, masa inkubasi virus Hendra diperkirakan 5 sampai 16 hari. Pernah dilakukan percobaan pada kucing dan masa inkubasinya 4 sampai 8 hari.

Gejala klinis yang ditunjukan pada hewan yang sudah terinfeksi yaitu penyakit pernafasan dan kelainan saraf.

Baca Juga: Link Live Streaming Perempat Final Badminton SEA Games 2022: Siaran Langsung Indonesia Mulai Pukul 09.00 WIB

Beberapa kasus bersifat parah dan akut bisa menyebabkan kematian dalam waktu beberapa hari, juga terdapat kasus ringan ada kuda yang sembuh setelah terinfeksi virus Hendra.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x