Cara Mendapatkan Vaksin HPV Secara Gratis untuk Cegah Kanker Serviks, Ini Persyaratan dan Kriterianya!

- 27 April 2024, 12:40 WIB
Ilustrasi - Cara mendapatkan vaksin HPV secara gratis dari Pemerintah guna cegah kanker serviks. Ini persyaratan dan kriterianya.
Ilustrasi - Cara mendapatkan vaksin HPV secara gratis dari Pemerintah guna cegah kanker serviks. Ini persyaratan dan kriterianya. /Pexels.com/@Polina Tankilevitch

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang cara mendapatkan vaksin HPV secara gratis lengkap dengan persyaratan serta kriterianya. 

Salah satu program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan adalah pelaksanaan vaksin HPV. Program ini sebenarnya sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2022 lalu. 

Bagi yang belum tahu, Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang memberikan tubuh kita proteksi dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV). 

Vaksin ini sendiri telah terbukti memberikan perlindungan yang berkelanjutan terhadap infeksi HPV dan perkembangan kanker terkait HPV. 

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin di SatuSehat Mobile Pengganti PeduliLindungi dan Langkah Update Aplikasi

Faktanya, vaksin HPV tak hanya berguna untuk kalangan perempuan saja, tetapi juga bisa diberikan pada laki-laki. Vaksin dapat diberikan jika mereka telah memasuki usia 19 sampai 26 tahun.

Salah satu upaya pemerintah terkait hal tersebut adalah dengan adanya pemberian vaksin HPV secara gratis untuk sasaran usia 15 tahun atau kelas 3 SMP, serta siswa kelas 5 dan 6 SD. 

Bagi yang berusia 21-26 tahun pun juga akan mendapatkan vaksin tersebut, namun tidak di tahun ini, melainkan bisa dilakukan pada tahun berikutnya. Hal tersebut dijelaskan dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga: Aturan dan Syarat Naik Kereta Api KAI Jarak Jauh saat Libur Natal Terbaru 2022, Baru Vaksin 2 Apakah Bisa?

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x