Gejala dan Cara Menyembuhkan Cacar Monyet, Disebabkan oleh Virus Apa? Ini Penjelasan Kemenkes

- 20 Mei 2022, 18:45 WIB
Ilustrasi - Penjelasan Kemenkes terkait gejala, cara menyembuhkan, penyebab virus Cacar Monyet atau Monkeypox.
Ilustrasi - Penjelasan Kemenkes terkait gejala, cara menyembuhkan, penyebab virus Cacar Monyet atau Monkeypox. /PEXELS/PIXABAY

BERITA DIY - Perhatikan berbagai gejala dan cara menyembuhkan Cacar Monyet lengkap dengan virus yang menjadi penyebab berdasarkan penjelasan Kemenkes.

Penyakit Cacar Monyet atau yang disebut dengan Monkeypox merupakan jenis penyakit menular yang termasuk dalam kategori Zoonosis.

Zoonosid yang merupakan kategori penularan yang dapat terjadi dalam penyakit Cacar Monyet ini sendiri disebutkan bahwa penyakit tersebut dapat menular dari hewan kepada manusia.

Baca Juga: Apa Penyebab Cacar Monyet atau Monkeypox? Ketahui Ciri-ciri dan Gejala Beserta Cara Pencegahannya

Meskipun bernama Cacar Monyet atau Monkeypox, penularan yang dilakukannya dapat dilakukan oleh berbagai macam hewan yaitu seperti monyet, tikus gambia, dan tupai yang telah terdapat virus di dalamnya.

Sedangkan virus yang menjadi penyebab munculnya Cacar Monyet sendiri disebutkan yaitu termasuk dalam keluarga Poxviridae atau dalam Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola.

Sehingga bagi yang terpapar adanya virus yang menjadi penyebab Cacar Monyet tersebut akan mengalami beberapa gejala yang dirasakan, dan harus mendapatkan penanganan untuk proses menyembuhkan.

Baca Juga: Cacar Monyet Adalah Apa? Simak Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Komplikasi yang Bisa Terjadi

Berdasarkan pada rilis resmi yang dirilis oleh Kemensos, penyalit Cacar Monyet sendiri memiliki masa inkubasi virus berkisar antara 6 hingga 16 hari atau juga dapat pada 5 hingga dengan 21 hari setelah virus tersebut menular.

Beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh manusia yang terpapar virus Cacar Monyet tersebut yaitu seperti:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x