Gejala Hepatitis Akut, Kenali Penyebab dan Cara Penularannya: Lakukan Ini untuk Mencegahnya

- 12 Mei 2022, 13:41 WIB
Ilustrasi - Gejala hepatitis akut yang umum terjadi, kenali penyebab dan cara penularannya, lakukan ini untuk mencegah tertular penyakit hepatitis akut.
Ilustrasi - Gejala hepatitis akut yang umum terjadi, kenali penyebab dan cara penularannya, lakukan ini untuk mencegah tertular penyakit hepatitis akut. /PIXABAY/mohamed_hassan

 

BERITA DIY - Gejala hepatitis akut yang umum terjadi, kenali penyebab dan cara penularannya, lakukan ini untuk mencegah tertular penyakit hepatitis akut.

Penyakit hepatitis akut saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan dunia. Penyakit ini diduga telah merambah ke Indonesia.

Akhir-akhir ini di Indonesia dikabarkan terdapat 3 anak yang diduga meninggal karena hepatitis akut misterius ini.

Baca Juga: Perbedaan Antara Hepatitis Akut dan Hepatitis Biasa, Simak Cara Pencegahan yang Bisa Dilakukan di Bawah ini

Mengingat potensi bahaya yang ditimbulkan oleh hepatitis akut, maka penting sekali bagi para orang tua untuk mengetahui gejala, penyebab, cara penularan, dan cara mencegah hepatitis akut.

Para orang tua dapat mengenali gejala awal dari hepatitis akut dengan melihat gejala seperti mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Kemudian, gejala akan semakin parah seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Infeksi hepatitis akut berat akan menimbulkan gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Jika pata orang tua menemukan gejala awal, segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat.

Baca Juga: Apa Itu Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Lengkap dengan Cara Mencegah Penularan terhadap Anak Umur 1 Bulan

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes saat ini belum mengetahui secara pasti mengenai penyebab hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x