Pahami Gejala Penyakit Hepatitis Akut Pada Anak Usia 1 Bulan Hingga 16 Tahun dan Cara Pencegahan dari Kemenkes

- 5 Mei 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi - 6 gejala penyakit hepatitis akut pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun disertai cara pencegahan dari Kemenkes.
Ilustrasi - 6 gejala penyakit hepatitis akut pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun disertai cara pencegahan dari Kemenkes. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut merupakan gejala hepatitis akut pada anak yang dapat menular melalui virus. Kemenkes mengatakan bahwa usia anak yang rentan terpapar yakni kisaran 1 bulan hingga 16 tahun.

Kemenkes mengeluarkan surat edaran bernomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut. Surat edaran tersebut dibuat setelah terjadi penemuan kasus di Indonesia yang mirip dengan kasus serupa dan terjadi di beberapa negara lainnya.

Kasus tersebut pertama kali diketahui setelah Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) menerima laporan kasus dari Inggris Raya. Laporan tersebut memuat tentang 10 kasus hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya dan menginfeksi anak dengan rentan usia 11 bulan hingga 5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Hepatitis Akut pada Anak Usia 1 Bulan Sampai 16 Tahun, Waspadai Gejala Ini untuk Antisipasi

Kementerian Kesehatan sendiri merilis daftar temuan kasus hepatitis akut di Indonesia yang menginfeksi anak dengan rentan usia 1 bulan hingga 16 tahun. Penyakit tersebut sangat berbahaya karena pada beberapa kasus mengharuskan pasien untuk melakukan transplantasi hati.

Setelah ditelusuri, penyakit hepatitis akut ini menyebabkan peningkatan enzim hati. Selain itu, Kemenkes juga merilis beberapa gejala yang ditemukan pada anak yang terkena penyakit hepatitis akut :

1. Terasa nyeri abdomen atau nyeri pada perut bagian dalam

2. Diare

3. Mata kuning

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x