8 Ciri Hepatitis Akut, Menyerang Anak Umur 1 Bulan hingga 16 Tahun, Ini Cara Mencegahnya agar Tidak Tertular

- 4 Mei 2022, 11:25 WIB
Ilustrasi - Ini 8 ciri Hepatitis Akut, penyakit yang menyerang anak umur 1 bulan hingga 16 tahun, serta ini cara mencegahnya agar tidak tertular.
Ilustrasi - Ini 8 ciri Hepatitis Akut, penyakit yang menyerang anak umur 1 bulan hingga 16 tahun, serta ini cara mencegahnya agar tidak tertular. /PEXESL/CDC

BERITA DIY – Perhatikan 8 ciri Hepatitis Akut, penyakit yang menyerang anak umur 1 bulan hingga 16 tahun. Simak artikel ini untuk cara mencegah Hepatitis Akut agar tidak tertular.

Mengetahui 8 ciri Hepatitis Akut yang baru merebak di beberapa daerah Eropa, Amerika, dan Asia, termasuk di Indonesia, akan menjaga dan mencegah penyebaran penyakit Hepatitis Akut lebih luas.

Sebelumnya, tiga pasien yang yang dirawat di RSUPN Dr, Ciptomangunkusumo Jakarta, memenuhi 8 ciri pengidap penyakit Hepatitis Akut yang baru merebak dan belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Hepatitis? Kenali Jenis-jenis Hepatitis Berbahaya, Ini Cara Mencegah dan Mengobatinya

Dalam laman resemi sehatnegeriku.kemkes.go.id menyebutkan bahwa, masyarakat harus mewaspadai meningkatnya Hepatitis Akut, setelah dua pekan terakhir yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia, dan belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022.

Sejak secara resmi dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan terus bertambah, tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara.

WHO pertama kali menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya mengenai 10 kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown aetiology ) pada anak-anak usia 11 bulan-5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022 di Skotlandia Tengah.

Baca Juga: Cara Cegah Penyakit karena Mengonsumsi Berbagai Macam Makanan Saat Lebaran Idul Fitri 2022

Bahkan, pihak Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan surat edaran yang menyebutkan bahwa masyarakat harus mewaspadai Hepatitis Akut. Hal ini setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x