Apa itu Penyakit Hepatitis? Kenali Jenis-jenis Hepatitis Berbahaya, Ini Cara Mencegah dan Mengobatinya

- 4 Mei 2022, 10:06 WIB
Ilustrasi penyakit Hepatitis. Apa itu penyakit Hepatitis? Kenali jenis-jenis hepatitis berbahaya, ini cara mencegah dan mengobatinya
Ilustrasi penyakit Hepatitis. Apa itu penyakit Hepatitis? Kenali jenis-jenis hepatitis berbahaya, ini cara mencegah dan mengobatinya /PIXABAY/@PublicDomainPictures

BERITA DIY- Simak apa itu penyakit hepatitis? Kenali jenis-jenis hepatitis berbahaya, ini cara mencegah dan mengobatinya. Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang manusia, penyakit ini menyerang fungsi hati. Seperti diketahui bahwa Hati merupakan organ penting dalam tubuh manusia.

Hati berfungsi memproses nutrisi dan melawan infeksi. Apabila organ tubuh ini bermasalah terkena radang atau mengalami kerusakan maka akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Dilansir BERITA DIY dari laman Ciputra Hospital, Hepatitis bermacam-macam jenisnya, Hepatitis yang berbahaya adalah Hepatitis B dan Hepatitis C.

Orang yang penderita Hepatitis B dan C bisa terkena penyakit hati kronis, sirosis, kanker hati, dan sampai saat ini vaksin untuk Hepatitis C belum ditemukan.

Baca Juga: Cara Cegah Penyakit karena Mengonsumsi Berbagai Macam Makanan Saat Lebaran Idul Fitri 2022

Berikut ini faktor penyebab munculnya penyakit Hepatitis pada manusia:

Penyakit Hepatitis dapat muncul karena mengkonsumsi obat-obatan, alkohol, dan kondisi medis tertentu yang dapat meningkatkan peradangan pada hati.

Namun dalam beberapa kasus Hepatitis muncul karena infeksi virus. Hepatitis A termasuk jenis yang dapat menyebar melalui makanan dan air.

Hepatitis A muncul dari daging mentah, buah-buahan, sayuran, dan makanan setengah matang. Untuk Hepatitis B dan C menyebar melalui penggunaan jarum suntik bersama dan melakukan hubungan seksual dengan orang yang sudah terinfeksi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x