Penjelasan Hepatitis Akut Adalah Apa Menurut WHO, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit dari Anak

- 10 Mei 2022, 15:49 WIB
Ilustrasi penjelasan hepatitis akut adalah apa menurut WHO, simak gejala dan cara mencegah dari anak-anak.
Ilustrasi penjelasan hepatitis akut adalah apa menurut WHO, simak gejala dan cara mencegah dari anak-anak. /PEXESL/cottonbro

BERITA DIY - Simak penjelasan hepatitis akut adalah apa menurut WHO beserta gejala dan cara mencegah penyakit dari anak-anak.

Belakangan hepatitis akut menjadi perhatian masyarakat setelah Kemenkes menemukan 15 kasus suspek. Lalu bagaimana penjelasan menurut WHO?

WHO sebagai badan organisasi dunia di bidang kesehatan menjelaskan tentang hepatitis akut, gejala beserta cara mencegah agar kelompok rentan seperti anak-anak terhindar dari penyakit itu.

Baca Juga: Apa Itu Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Lengkap dengan Cara Mencegah Penularan terhadap Anak Umur 1 Bulan

Pada awal Mei, Kemenkes menemukan kasus hepatitits akut yang terjadi pada anak-anak di DKI Jakarta, yaitu usia 2 tahun, 8 tahun, dan 11 tahun.

'"Berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap kasus yang meninggal dunia, ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut, sehingga hanya memberikan sedikit waktu bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, 5 Mei 2022, dikutip dari kemkes.go.id.

Dalam ketiga kasus dugaan hepatitis akut di DKI Jakarta tersebut, anak berusia 2 tahun telah mendapatkan vaksin hepatitis.

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Yogyakarta, Dinas Kesehatan Ungkap Gejala yang Harus Diwaspadai

Sementara, anak usia 8 tahun telah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan vaksin hepatitis lengkap. Sedangkan penyintas berusia 11 tahun telah disuntik vaksin Covid-19 dan hepatitis dosis lengkap.

Kemenkes juga membantah kaitan antara hepatitis akut dan Covid-19. Sebab hepatitis akut yang tengah menjadi perhatian masyarakat ini belum diketahui penyebabnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x